Bupati Raden Adipati Surya Pimpin Rakor percepatan Bandara Komersil Lanudad Gatsu  

Diposting Oleh : Super Administrator | Tanggal Posting :14 Agustus 2018 | Sudah Dilihat : 471 Kali Dilihat

Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M usai menerima Entry BPK Perwakilan Lampung Terkait Pemeriksaan Pendahuluan Kinerja Pengelolaan Sumber Daya Kesehatan dalam Penyelenggaraan JKN di Ruang Kerja Bupati setempat, Bupati muda itu didampingi Wakil Bupati DR.H.Edward Antony, M.M  memimpin  Rapat Koordinasi Percepatan Pemanfaatan Pangkalan Lanudad Gatot Subroto menjadi Penerbangan Komersil di Skadron 12/Serbu Kecamatan Way Tuba, Selasa (14/08/2018). 

Dalam rapat tersebut, Bupati Raden Adipati Surya mengatakan, bahwa dalam percepatan pemanfaatan Landasan Udara Angkatan Darat menjadi pangkalan komersil dibutuhkan kerjasama yang sinergi baik antar Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan, Pihak Lanudad, pihak Skadron 12/Serbu, Kabupaten OKU Timur dan Kabupaten OKU Selatan.

 

“Rapat hari ini merupakan salah satu bentuk dukungan yang diberikan oleh Lanudad dan Skadron 12/Serbu dalam membantu percepatan pemanfaatan lanudad menjadi penerbangan komersil, untuk itu saya ucapkan terima kasih semoga kedepan kita tetap fokus dan konsisten dalam memenuhi syarat dan ketentuan yang dibutuhkan untuk mewujudkan apa yang menjadi harapan kita ini”, ujar Bupati Raden Adipati Surya.

Pada rapat tersebut, Bupati Raden Adipati Surya juga memerintahkan kepada Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Kussarwono, M.T sebagai pelaksana percepatan pemanfaatan Lanudad Gatot Subroto menjadi pangkalan komersil.

 

“Kepada Asisten II segera membentuk tim efektif terkait percepatan pemanfaatan lanudad, segera bagi tugas dan segera laksanakan tugas anggota tim masing-masing sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku”, tutur Bupati Raden Adipati Surya.

Hal senada juga disampaikan oleh Komandan Skadron 12/Serbu CPN Fajar Purwawidada, S.S.,M.H.,M.Sc.,M.Tr (Han) bahwa pihak Skadron 12/Serbu dan Lanudad Gatot Subroto siap mendukung penuh serta mengawal percepatan pemanfaatan lanudad menjadi pangkalan komersil.

 

“Terima kasih kepada Bupati beserta jajaran Pemda Way Kanan dan kami sangat menyambut baik serta medukung penuh rencana percepatan pemanfaatan Lanudad sebagai penerbangan komersil karena sangat memberikan dampak yang baik bukan hanya bagi masyarakat baik di Kabupaten Way Kanan maupun kabupaten tetangga melainkan juga militer khususnya Skadron 12/Serbu”, ujar Danskadron 12/Serbu CPN Fajar Purwawidada.

Diketahui, rapat tersebut merupakan rapat tindak lanjut dari rapat sebelumnya dimana hasil rapat sebelumnya  direncanakan akan dilakukan penambahan landasan pacu (runway) dari 2.100 meter menjadi 2.400 meter agar pesawat jet bebadan sedang dapat mendarat di Landasan Udara Gatot Subroto dengan rute yang disipkan yaitu Jakarta – Way Tuba – Palembang.

 

Selama ini, Bandara Gatot Subroto hanya didarati oleh pesawat berjenis Hercules. Maskapai Susi Air pernah melayani rute Way Tuba namun tidak beroperasi lama. Poternsi penumpang berdasarkan survey yang dilakukan pada tahun 2011 sebanyak 40 orang perharinya dengan potensi penumpang berasal dari Way Kanan, Lampung Utara, Lampung Barat, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Selatan, dan Ogan Komering Ulu Timur.

Pada rapat yang  dihadiri pula oleh Komandan Lanudad Letkol. CPN Yusuf Hidayat beserta jajaran, kepala dan usur Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja, Bagian Perlengkapan, Bagian Hukum, Bagian Administrasi Pembangunan, Bagian Humas dan Protokol dan Camat Way Tuba itu dilanjutkan dengan peninjauan lapangan udara yang akan dijadikan sebagai pangkalan komersil.

Komentar