Ketua Dekranasda Kabupaten, Dessy Adipati Hadiri Pembukaan Festival Kemilau Tapis 2021

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :24 November 2021 | Sudah Dilihat : 73 Kali Dilihat

Ketua Dekranasda Kabupaten Way Kanan, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati mengadiri Pembukaan Festival Kemilau Tapis Lampung Tahun 2021 di Hotel Sheraton Bandar Lampung, Rabu (24/11/2021) bersama Dinas Koperasi dan UKM.

Dari informasi yang dihimpun dari laman resmi Pemprov Lampung, Festival yang mengusung tema “Sririt of Tapis” yang mengandung arti melalui kegiatan Festival ini akan terbangun peluang pasar produk kain tapis dalam bentuk transformasai produk tapis Lampung dari produk budaya menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi.

 

Dalam sambutannya, Gubernur Lampung mengatakan melalui Festival Kemilau Tapis Lampung diharapkan dapat mendorong semangat kecintaan dan kebanggaan terhadap Tapis sebagai salah satu warisan kearifan lokal masyarakat Lampung. Diharapkan pula Tapis Lampung akan meluncur lebih tinggi dan terkenal lagi. Namun, dalam pesannya Gubernur Arinal bahwa Tumpal sebagai Ikon Lampung juga tetap jangan ditinggalkan.

Selain itu juga direncanakan akan membuat souvenir yang berasal dari keindahan kain Tapis. Jadi setiap tamu yang datang dari luar Daerah akan diberikan cendera mata tersebut, sehingga dunia tahu Lampung indah dan berwibawa dengan kain kebanggaan masyarakat Lampung. Pemprov Lampung juga akan terus mendorong para perajin untuk meningkatkan kualitas dan mutu produk hasilnya, sehingga mampu bersaing dengan produk-produk di Tingkat Nasional, Regional bahkan Internasional.

 

Di Provinsi Lampung terdapat UMKM sebanyak 192.234 unit yang terdiri dari usaha mikro 182.655 unit, usaha kecil sebanyak 9.303 unit dan usaha menengah sebanyak 276 unit. Potensi kuantitas UMKM tersebut merupakan pelaku ekonomi yang harus terus dipelihara dan dijaga demi pembangunan ekonomi Lampung yang maju dan berkualitas.

Ditempat yang sama, Ketua Dekranasda Lampung, Ny. Riana Sari Arinal dalam sambutannya menyampaikan bahwa bagi masyarakat Lampung kain Tapis dianggap sebaga kain yang memiliki makna simbolis yang sangat mendalam sebagai lambing kesucian dan wujud kepercayaan terhadap Sang Pencipta Alam. Dimana Zaman dahulu kain Tapis hanya dipakai untuk kalangan eksklusif dan digunakan dalam upacara adat Lampung yaitu Lampung Saibatin dan pepadun. Seiringn perkembangan zaman, kain Tapis telah berkembangn menjadi fashion yang kreatif, modern dan bernilai ekonomi tinggi mulai dari aksesoris, craft, busana, art interior yang unik dan berkualitas.

 

Ny. Riana Sari Arinal juga mengatakan bahwa dengan sering digelarnya ajang pameran kriya terutama kain Tapis dalam beberaa Tahun ini menunjukkan perkembanga yang sangat positif. Hal tersebut tidak terlepas dari perhatian dan dukungan dari Pemprov Lampung dan mitra UMKM Perajin Lampung dalam memajukan Tapis di Sai Bumi Ruwa Jurai.

Sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Ny. Riana Sari mengajak masyarakat Lampung untuk bersama-sama memakai produk dalam Negeri terutama khas Daerah Lampung yang sudah semakin berkualitas dan menarik. Melalui Festival tersebut, menjadi sangat penting bagi Provinsi Lampung dan sebagai momentum bagi kebangkitan bagi industri kreatif Provinsi Lampung dalam mengangkat wastra budaya unggulan Lampung.

 

Sementara itu, Menteri Koperasi daan UKM, Telen Masduki dalam sambutannya secara virtual berharap kegiatan Kemilau Tapis 2021 menjadi wadah dalam pengembangan potensi unggulan domestic Lampung agar mampu bersaingn di level Nasional dan global.

 

Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Nurdin / Dok. Pim

Komentar