Kadis Kesehatan Way Kanan Sampaikan Adanya Penambahan 7 Kasus Baru Covid-19

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :05 Mei 2021 | Sudah Dilihat : 833 Kali Dilihat

Kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan, Anang Risgiyanto, SKM., M.Kes menyampaikan adanya penambahan 7 (tujuh) kasus yang terkonfirmasi positif covid-19 yang ada di Kabupaten Way Kanan, penambahan kasus hari ini merupakan kasus baru dan bergejala.

Berikut Data Pasien Ke 136 Sampai 142 yang terkonfirmasi Covid-19 :

  1. P 136/Tn. Sm, Usia : 56 Tahun, Jenis Kelamin   : Laki-laki, Alamat : Kampung Sukamaju, Kecamatan Bumi Agung.
  2. Nama : P 137/Ny. Sh, Usia : 47 tahun, Jenis Kelamin : Perempuan, Alamat : Kampung Sukamaju, Kecamatan Bumi Agung.
  3. Nama : P 138/Tn. NE, Usia : 46 tahun, Jenis Kelamin : Laki-laki, Alamat : Kampung Negeri Baru, Kecamatan Umpu Semenguk
  4. Nama : P 139/Ny. LKD, Usia : 29 tahun, Jenis Kelamin : Perempuan, Alamat : Kelurahan Pisang Baru, Kecamatan Bumi Agung
  5. Nama : P 140/Tn. Sj, Usia : 32 tahun, Jenis Kelamin : Laki-laki, Alamat : Kampung Pisang Baru, Kecamatan Bumi Agung
  6. Nama : P 141/Tn. ST, Usia : 34 tahun, Jenis Kelamin : Laki-laki, Alamat : Kampung Gunung Sari, Kecamatan Rebang Tangkas.
  7. Nama : P 142/Ny. My, Usia : 46 tahun, Jenis Kelamin : Perempuan, Alamat  :    Kampung Setia Negara, Kecamatan Baradatu..   

Riwayat P 136 – P 142 yang merupakan kasus baru dan bergejala yang ada di Kabupaten Way Kanan, sebagai berikut:

-P 136/Tn. Sm, pasien datang ke Puskesmas Pisang Baru dengan keluhan lemas, sesak dan demam, dilakukan skrining dengan pemeriksaan rapid antigen hasil positif, selanjutkan dirujuk dan dirawat di RS untuk mendapatkan perawatan yang lebih terkontrol.

- P 137/Ny. Sh, merupakan kontak erat kasus konfirmasi P 136/Tn. Sm (Istri), dilakukan pemeriksaan rapid antigen dengan hasil  positif, selanjutnya dilakukan perawatan di RS supaya lebih terkontrol kesehatannya.

-P 138/Tn. NE, pasien dalam 1 bulan terakhir sudah sakit-sakitan sehingga banyak yang berkunjung untuk menjenguk. Karena tidak kunjung membaik, lalu dibawa oleh keluarga berobat ke RS dengan keluhan sesak nafas, batuk, lemas, lalu dilakukan skrining dengan pemeriksaan rapid antigen hasil positif.

-P 139/Ny. LK, pasien dibawa oleh keluarga ke Puskesmas Pisang Baru dengan keluhan badan lemas, sesak nafas, batuk, mual, muntah, tidak ada nafsu makan, lalu dilakukan skrining dengan pemeriksaan rapid antigen hasil positif. Selanjutnya dirujuk ke RS ZAPA, hal ini dilakukan untuk mendapatkan perawatan yang lebih terkontrol.

-P 140/Tn. Sj, pasien merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi P139/Ny. LK (Suami), dilakukan pemeriksaan rapid antigen dengan hasil  positif, pasien juga mengeluh nyeri tenggorokan, demam dan batuk, selanjutnya dilakukan perawatan di RS supaya lebih terkontrol kesehatannya.

-P 141/Tn. ST, Pasien dibawa keluarga berobat ke Klinik Kesehatan dengan keluhan batuk, badan terasa pegal, lemas, tidak nafsu makan, lalu dilakukan skrining dengan pemeriksaan rapid antigen hasil positif. Selanjutnya dirujuk ke RS ZAPA, hal ini dilakukan untuk mendapatkan perawatan yang lebih terkontrol.

-P 142/Ny. My, pasien ada riwayat kontak erat dengan rapid antigen positif, dan mempunyai gejala hilang penciuman dan flu sejak 1 minggu yang lalu, dilakukan skrining dengan pemeriksaan rapid test antigen hasil positif. Selanjutnya dirujuk ke RSHK, hal ini dilakukan untuk mendapatkan perawatan yang lebih terkontrol.

Pada Tanggal 5 Mei 2021 hasil swab PCR pada P 136 – P 142 menunjukkan hasil positif terkonfirmasi Covid-19, kepada pasien karena masih bergejala tetap dilakukan perawatan dan pemantauan di ruang isolasi RS ZAPA dan RSHK.   

Adapun langkah-langkah tindak lanjut yang akan dilakukan adalah

  1. tracing kepada yang pernah kontak erat dengan pasien Covid-19.
  2. penyemprotan desinfektan di lingkungan pasien.
  3. edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.
  4. Yang sudah selesai isolasi tetap melakukan protokol kesehatan untuk menghindari penularan ulang dari lingkungannya.

Kadis Kesehatan, Anang Risgiyanto kembali mengingatkan masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan, yaitu dengan 3M:

  1. Memakai masker.
  2. Mencuci tangan pakai sabun di air mengalir.
  3. Menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas.

“Dengan selalu menjaga diri kita dengan 3M, maka kita juga menjaga keluarga serta orang-orang terdekat kita dari penularan virus Corona dan tetap menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)” Ucap Kepala Dinas Kesehatan yang juga Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Way Kanan

Penulis : Deny Kesuma
Foto : Team Dinas Kesehatan

Komentar