Hari ini, Bupati Adipati Buka Musrenbang Kecamatan Bumi Agung, Way Tuba dan Tinjau Lokasi Longsor

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :27 Februari 2019 | Sudah Dilihat : 765 Kali Dilihat

Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M didampingi Anggota DPRD Dapil II, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Drs. Musadi Muharam, M.M dan Asisten III Bidang Administrasi Umum Selan, S.Sos.,M.M bertempat di Aula Kecamatan Bumi Agung membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Bumi Agung, Rabu (27/02/2019).

Menyampaikan sambutannya, Raden Adipati Surya mengatakan bahwa Pembangunan Kabupaten Way Kanan Tahun 2020 adalah kelanjutan pelaksanaan pembangunan tahun sebelumnya. Sehingga kebijakan Pembangunan Way Kanan 2020 diarahkan pada Pemberdayaan Ekonomi Rakyat dalam rangka pengembangan wilayah yang didukung Sinergitas Kabupaten dan Konektivitas Pembangunan Tingkat Kampung untuk menjadikan Kabupaten Way Kanan Yang Maju dan Berdaya Saing, selanjutnya upaya pengembangan infrastruktur masih dapat didorong untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi,  kemajuan sosial budaya, dan lingkungan.

“Melalui Musrenbang Kecamatan ini diharapkan dapat dilakukan sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan, yang perlu dukungan pendanaan APBD, APBD Provinsi, APBN dan  APBK (Kampung).  Sehingga pelaksanaan Musrenbang Kecamatan ini dapat menghasilkan suatu perencanaan yang berkualitas, transparan dan akuntabel,  yang akan menjadi dasar pelaksanaan pembangunan pada tahun 2020”, ujar Bupati Adipati.

Bupati kelahiran Bumi Ratu itu juga mengatakan bahwa peningkatan dibidang ekonomi masih memerlukan kerja keras dalam mewujudkan target RPJMD 2021, sehingga perlu melakukan upaya percepatan terhadap pengembangan produk unggulan daerah yang memiliki nilai ekonomis tinggi untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan bidang social budaya harus terus ditingkatkan disektor Sumber Daya Manusia daerah dengan meningkatkan kualitas pendidikan kesehatan serta sektor pendukung lainnya.

 

“Sinergitas Program pembangunan tingkat kabupaten dan tingkat kampung harus diwujudkan, saya minta  agar program kabupaten dipadukan dengan program serupa ditingkat kampung. Kemudian saya wajibkan pula kepada setiap dinas, untuk melakukan pembinaan di kampung sesuai bidangnya.   Misalnya terkait pembinaan tata kelola pemerintahan kampung, maka dilakukan Dinas PMK, Dinas P2KA, Bappeda, Dukcapil dan dinas terkait lainnya. Demikian pula dinas dan badan lain disesuaikan dengan tugas fungsi masing masing melakukan program pembinaan di kampung. Secara keseluruhan fungsi koordinasi pembinaan kampung berada pada Dinas PMK dan Asisten yang membidangi”, lanjut Bupati Adipati yang sebelumnya memimpin rapat Penyampaian SPT Tahunan Pimpinan Daerah Kabupaten Way Kanan di Rumah Dinas Bupati.

Saya juga meminta, masih lanjut Bupati yang memasuki tahun ketiga kepemimpinannya bersama Wakil Bupati DR. H. Edward Antony, M.M itu, terkait permasalahan penggunaan dana kampong ditahun 2020 harus dapat dikawal oleh Tim Kabupaten guna menyusun program dan kegiatan yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat serta meminimalisir porensi resiko penyalahgunaan dana kampung.

 

“Selain menekankan kepala kampung untuk meningkatkan tata kelolah kampung dengan baik, Saya juga menegaskan kepala kampung untuk menguasai pengelolaan keuangan kampung, menyusun LKPJ, LPPD, ILPD serta membuat laporan keuangan lainnya dan melengkapi peraturan kampung yang diperlukan sebagai pediman kerja”, tegas Bupati alumni kehormatan IPDN Djatinangor Jawa Barat itu yang juga menekankan agar dapat pengembangkan potensi wilayah melalui peningkatan bidang pertanian, peternakan, perikanan, koperasi dan UKM serta perdagangan dan pasar.

Diketahui, pada musrenbang yang dihadiri dan diikuti oleh kepala dan unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah, Camat Bumi Agung Adrey Awliya, S.STP.,M.H itu, Bupati beserta rombongan melakukan peninjauan ke lokasi longsor di Kampung Karangan Kecamatan Bumi Agung.

Selanjutnya Bertempat diAula Kecamatan Way Tuba, Raden adipati Surya menghadiri dan membuka  musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan tersebut.

 

Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Jaka / Humas Pemda

Editor : Edwar Apriadi

Komentar