Dekranasda Way Kanan Hadiri Pembukaan Lampung Craft 2021

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :27 Oktober 2021 | Sudah Dilihat : 224 Kali Dilihat

Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Way Kanan, Ny. Eka Listriyeni Ali Rahman didampingi Ny. Vorian Melita Saipul, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kiki Chiristianto, S.E.,M.M menghadiri Pembukaan Lampung Craft 2021 di Gedung Graha Wangsa Bandar Lampung, Rabu (27/10/2021) yang dibuka langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Ny. Riana Sari Arinal.

 

Pada acara yang mengusung tema “Stairway to Heaven” dengan Tanggamus sebagai Ikon, Gubernur Lampung dalam sambutannya menyampaikan harapan ajang Lampung Craft dapat mengedukasi masyarakat Lampung yang merupakan pangsa pasar utama yang potensial untuk mencintai dan membeli produk-produk daerah sendiri. Dan kepada para Pengrajin, Gubernur Lampung memberikan dorongan untuk terus meningkatkan kualiltas dan mutu produk hasilnya, mulai dari desain, bahan/material serta teknik pengerjaan sehingga mampu bersaing dengan produk-produk di tingkat Nasional, Regional bahkan Internasional.

Gubernur Lampung juga menyebutkan Pelaku Industri kerajinan berskala kecil dan menengah (UMKM/Usaha Mikro, Kecil, Menengah) adalah pelaku ekonomi yang pentingn bagi perekonomian Lampung maupun Nasional, karena sangat berperan dalam penyerapan tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi. Kedepan, guna menghadapi tantangan yang ada, maka beberapa strategi yang akan dilakukan antara lain adalah dengan mengoptimalkan manfaat dari pembangunan Infrastruktur, penguatan kelembagaan dan strategi konsolidasi yang diarahkan untuk memperoleh akses modal ke lembaga keuangan serta membangun skala usaha yang lebih besar dan menguntungkan.

 

Beliau juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Dekranasda Provinsi Lampung atas upaya terus menerus yangn dilakukan untuk memberdayakan perajin Lampung, mulai dari mendatangkan desainer dengan brand Internasional, bimbigan teknis kepada para pengrajin, serta upaya memperkuat promosi dan pemasaran produk pengrajin. Selain itu, juga memberikan penghargaan yang tinggi kepada seluruh jajaran Dekranasda Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung atas komitmen, kerja keras serta bangunan sinergi dalam upaya mendorong daya saing UKM pengrajin Lampung.

Diketahui, Lampung Craft Tahun 2021 menjadikan Kabupaten Tanggamus sebagai Ikon, selain memiliki kekayaan melimpah berupa SDA,kekayaan hasil laut, pertanian dan perkebunan juga destinasi wisata. Selain Tanggamus, Gubernur Lampung juga bangga dan bersyukur bahwa wilayah Kabupaten/Kota yang lain juga memiliki keragaman dan kekayaan budaya yang begitu besar. Ditahun berikutnya, Lampung Craft akan bergilir pada tema dan budaya Kabupaten/Kota lainnya, untuk itu dirinya meminta kepada masing-masing Kabupaten/Kota mencari keunikan dan kekhasan budayanya untuk dipersiapkan sebagai tema dan ikon Lampung Craft tahun depan.

 

 

 

Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Dicy / Dok. Pim

Komentar