Bupati Adipati Minta Wartawan Way Kanan Tingkatkan Profesionalitas Dan Teguh Pada KEJ

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :12 Januari 2022 | Sudah Dilihat : 141 Kali Dilihat

Peran Pers beserta medianya sangat dibutuhkan guna memberikan edukasi kepada masyarakat, terlebih lagi saat ini media sudah menyajikan berita secara online. Untuk itu, Insan Pers dituntut untuk semakin kreatif dan profesional dalam menyajikan berita dengan berpegang teguh pada Kode Etik Jurnalistik, agar para Wartawan berada pada koridor yang tepat. Insan Pers juga merupakan kekuatan Pilar Keempat dalam demokrasi yang dapat membangun Bangsa dan menyuarakan kepentingan rakyat. Peran Pers sebagai Lembaga ekonomi sangat besar pengaruhnya terhadap pemberitaan pembangunan yang sedang dilakukan oleh Pemerintah.

Hal tersebut dikatakan Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M dalam sambutannya saat menghadiri Pelantikan Pengurus DPC Komite Wartawan Reformasi Indonesia (KWRI) Kabupaten Way Kanan Periode 2021-2024 di Gedung Serba Guna Pemda setempat, Rabu (12/01/2022) yang dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Ketua DPD KWRI Provinsi Lampung, Munzir, S.E beserta jajaran, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Drs. Achmad Gantha, L’Ng.,M.M serta para Ketua Organisasi Wartawan di Kabupaten Way Kanan dan Instansi Vertikal.

 

Bupati Adipati juga mengatakan bahwa dalam konteks pemberitaan tentang pembangunan dan program Pemerintah Daerah, dibutuhkan adanya profesionalitas dalam menyaring antara fakta dan opini dalam rangka mengeliminir rasa subjektifitas penulis ketika menulis dengan sesuatu yang nyata. Insan Pers agar senantiasa mendukung Pemerintah dengan menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik demi citra, kredibilitas dan integritas wartawan.

“Saya berharap kepada Pengurus dan Anggota KWRI Kabupaten Way Kanan yang baru dilantik untuk dapat menjaga marwah Organisasi secara konsisten, sehingga harmonisasi antara Pemerintah dan wartawan menjadai sebuah kekuatan untuk membangun Kabupaten Way Kanan kedepan. Saya juga menyampaikan adanya perubahan sistem terkait kemitraan media dengan Pemerintah, bahwa merujuk pada Permendagri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Perubahan Permen Kominfo tentang Pedoman Pengembangan Kemitraan Media. Maka saat ini Saudara saudari Saya yang ingin kembali melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Way Kanan kiranya dapat melakukkan pendaftaran secara mandiri melalui Sistem Administrasi Informasi Registrasi Online Media atau SaiRAGOM yang telah dibuka dari tanggal 3 Januari sampai dengan 20 Januari 2022 mendatang. Hal ini pentingn kita lakukan guna mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang efektif dan efisien, dengan memanfaatkan teknologi informasi secara menyeluruh dan terpadu”, jelas Bupati Adipati.

 

Selanjutnya, Kadis Kominfo, Achmad Gantha seusai acara Pelantikan menegaskan bahwa sesuai dengan Surat Sekretaris Daerah Kabupaten Nomor : 800/1025/IV.16-WK/2021 tentang Pendaftaran Media melalui SaiRAGOM Kabupaten Way Kaanan, maka kepada seluruh media baik cetak, online maupun televise dan radio yang ingin melakukan kerjasama dengan pemerintah kabupaten Way Kanan melalui Dinas Kominfo agar melakukan pendaftaran dan pengiriman proposal secara online melalui Website SaiRAGOM yang dibuka dari tanggal 3 sampai dengan 20 Januari 2022 mendatang.

“Sampai saat ini sudah ada 193 media yang telah mendaftar dan 50 Media yang telah selesai mengirimkan berkas melalui Website SaiRAGOM. Kepada kawan-kawan media untuk dapat mendaftar dan mengirimkan berkas-berkas proposal kerjasamanya melalui SaiRAGOM paling lambat tanggal 20 Januari karena setelah itu akan dilakukan verifikasi dan pengumuman,” jelas Kadis Kominfo

 

Achmad Gantha menambahkan bahwa SaiRAGOM bertujuan mempermudah kelengkapan berkas administrasi kawan-kawan media yang ingin berkerjasama, karena dapat diakses dimana saja dan juga sebagai bentuk upaya dalam mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik dengan berbasis elektronik dan juga untuk mendukung transformasi digital berdasarkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Way Kanan.

 

Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Nurdin / Dok. Pim

Komentar