/ Detail Berita

Pemkab Way Kanan Ikuti Upacara Harkitnas Ke-114 Tingkat Provinsi Lampung Secara Virtual

Pemerintah Kabupaten Way Kanan mengikuti Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-114 Tahun 2022 Tingkat Provinsi Lampung di Ruang Rapat Utama Pemkab setempat, Jum’at (20/05/2022) yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.IP dan diikuti oleh para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, Inspektur dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah.

 

Pada upacara yang didisiarkan dari Lapangan Kantor Gubernur Lampung tersebut, Wagup Churnunia Chalim bertindak sebagai inspektur upacara dalam sambutannya menyampaikan sambutan Menkominfo, Johnny G. Plate, mengatakan bahwa Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 Tahun 2022 mengusung tema Ayo Bangkit Bersama, sebagai bentu seruan agar kita bisa bangkit bersama dari Pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya dimaknai sebagai seremonial saja, tetapi guna memahami esensi sejarah Hari Kebangkitan Nasional.

 

Tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Kebangkitan Nasionalisme Indonesia, dimana masa itu terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi ditengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin Kembali berkuasa. Sehingga semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan Bangsa. Tujuan didirikannya Boedi Oetomo yang tercetus dalam kongres pertamanya yaitu untuk menjamin kehidupan sebagai Bangsa yang terhormat dengan focus pergerakan dibidang Pendidikan, pengajaran dan kebudayaan. Boedi Oetomo juga telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan Nasional yaitu Memerdekakan cita-cita kemanusiaan, Memajukan Nusa dan Bangsa, serta Mewujudkan kehidupan Bangsa yang terhormat dan bermartabat dimata dunia. Kelahiran Boedi Oetomo mempelopori terciptanya organisasi pergerakan dimasa selanjutnya seperti indische Partij, Perhimpunan Indonesia dan Muhammadiyah.

 

Kiranya semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk dikontestualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Ditengah krisis Pandemi Covid-19 dan konflik Ukraina-Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, patutnya memaknai Kebangkitan Nasional sebagai upaya kolektif Bangsa untuk memperkuat persatuan Bangsa. Penanganan Covid-19 yang membaik berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Dimana secara perlahan, hal tersebut mendorong pemulihan perekonomian Nasional. Perekonomian Indonesia pada triwulan I-2022 terhadap triwulan I-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen (y-on-y), hamper seluruh lapangan usaha tumbuh positif, kecuali Administrasi Pemerintahan dan Jasa Pendidikan. Terdapat tiga Lapangan Usaha yang mengalami pertumbuhan tinggi dari sisi produsi, yaitu Sektor Usaha Transportasi dan Pergudangan 15,79%, Sektor Jasa-jasa lain 8,29% dan Sektor Informasi dan Komunikasi 7,14%.

 

Selanjutnya, Wagub Chusnunia Chalim juga menyampaikan bahwa pada momen yang baik ini diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 Tahun 2022, dimana pada Presidensi G20 mengusung tema Recover Together, Recover Stronger, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan. Pertemuan G20 yang dipimpin Indonesia Tahun ini mengusung tiga isu prioritas, yaitu Arsitektur Kesehatan Global yang Inklusif, Transformasi berbasis Digital dan Transisi Energi Bekelanjutan. Dengan tema dan isu prioritas G20 yang diangkat Indonesia merupakan cerminan dari semangat kebangkitan yang dirayakan hari ini, yaitu ditengah keterpurukan akibat Pandemi Covid-19, tidak pernah meluruhkan cita-cita untuk pulih bersama dan bangkit lebih kuat. Indonesia terus mendorong Negara-Negara Anggota G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata dan siap berkolaborasi serta menggalang kekuatan sehingga masyarakat dunia dan kemanusiaan dapat merasakan dampak nyata dari Kerjasama ini.

 

Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Dicy / Dok. Pim