/ Detail Berita

Wabup Ali Rahman Salurkan Bantuan Sosial Kepada Masyarakat Tiga Kecamatan

Wakil Bupati Drs. H. Ali Rahman, M.T didampingi Ketua I Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ny. Eka Listriyeni Ali Rahman menghadiri Acara Penyaluran Bantuan Sosial Kepada Masyarakat Miskin di Kabupaten Way Kanan Tahun 2022 di Aula Kampung Gistang Kecamatan Umpu Semenguk, Kamis (24/11/2022).

Pada acara Penyaluran Bansos berupa Bantuan Usaha kepada Rumah Tangga Miskin Produktif, Bantuan Kebutuhan Bagi Lansia Miskin dan Bantuan Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak di Kabupaten Way Kanan tersebut, Wabup Ali Rahman dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk tetap mempertahankan daya beli masyarakat serta menjaga pemenuhan kebutuhan pokok, Pemerintah telah memutuskan berbagai kebijakan terkait bantuan sosial diantaranya Kebijakan PHK, Kartu Sembako, Kartu Pra Kerja, Pembebasan Tarif Listrik 450VA, Diskon Tarif Listrik 900VA, Bantuan untuk Balita, Ibu Hamil hingga Lansia serta Penyandang Disabilitas, Program Pemberian Modal Usaha Bagia Pelaku UMKM, Program Pemberian Bansos Tunai (BST), serta BLT Dana Desa pada masyarakat diluar penerima PKH, dan berbagai kebijakan lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM terutama bidang Pendidikan dan Kesehatan pada kelompok keluarga miskin yang ada.


Disampaikan pula bahwa dalam rangka percepatan pemulihan perekonomian pasca covid-19, dan membantu percepatan penanggulangan kemiskinan, Pemerintah Kabupaten Way Kanan menerapkan langkah-langkah yang nyata, salah satunya dengan memberikan bantuan usaha kepada rumah tangga produktif, lansia dan bantuan pencegahan kekerasan terhadap anak berupa program beasiswa sekolah kejar paket.

“Bantuan ini diharapkan mampu mengurangi beban rumah tangga dan dalam jangka pajang merupakan investasi generasi masa depan yang lebih baik melalui peningkatan Pendidikan, untuk mmutus rantai kemiskinan antar generasi. Saya juga berharap bantuan ini mempunyai hasil sehingga kedepan penerima bantuan dapat kita salurkan kepada penerima manfaat berikutnya”, ujar Wabup Ali Rahman.


Selain itu, Wabup Ali Rahman juga berharap agar jumlah penerima bantuan dari tahun ke tahun dapat berkurang. Dan kepada pelaku ekkonomi kreatif, Saya minta untuk bisa meningkatkan perekonomian yang pada gilirannya kesejahteraan masyarakat pun akan meningkat.

“Saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi, atas Kerjasama dan siergitas yang terjalin dengan baik antara dinas terkait, Kecamatan, Pemerintah Kampung dan organisasi sosial yang telah turut berperan serta dalam memajukan amsyarakat Kabupaten Way Kanan, utamanya dalam bidang ekonomi. Saya berharap sinerggitas antar pihak dapat semakin harmonis, semua pihak senantiasa saling bahu-membahu dalam upaya menuju Way Kanan unggul dan sejahtera”, tutur Wabup Ali Rahman.


Diketahu, turut hadir pada acara tersebut Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab, Satuan Polisi Pamong Paraja, Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakab, Pimpinan Kecamatan Banjit, Kecamatan Kasui dan Kecamatan Umpu Semenguk serta Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ny. Vorian Melita Saipul.


Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Jaka / Dok. Pim Way Kanan