/ Detail Berita

Serahkan 1000 Bibit Pohon, Wabup Ali Rahman Minta Masyarakat Terus Gali Peluang Potensi Pertanian

Kabupaten Way Kanan sebagai bagian wilayah Provinsi Lampung memiliki potensi Sumber Daya Alam yang besar dan tersebar di 15 Kecamatan, dan salah satu potensi yang ada saat ini adalah sektor perkebunan, seperti perkebunan kelapa sawit dan karet yang hamper mendominasi sektor perkebunan di Kabupaten Way Kanan, baik yang dikelola oleh Perusahaan maupun oleh masyarakat.

“Banyak masyarakat yang mengelola perkebunan lada dan kopi sebagai mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Hal ini menandakan wilayah Kabupaten Way Kanan sangat berpotensi untuk mengembangkan sektor perkebunan”, ujar Wakil Bupati Drs. H. Ali Rahman, M.T pada Kegiatan Penyerahan Bantuan Bibit Pinang di Wilayah Kampung Kota Baru Kecamatan Negeri Agung, Kamis (23/06/2022).


Sebagai Daerah yang dikenal dengan penghasil kopi robusta, tentunya sangat bangga, karena hal ini memberikan pengaruh positif tehadap kemajuan sektor pariwisata di Way Kanan. Yang tidak menutup kemungkinan komoditas lain, seperti pinang yang disalurkan dapat juga dikembangkan menjadi salah satu penopang perekonomian masyarakat Negeri Agung khususnya, dan Kabupaten Way Kanan umumnya, lanjut Wabup yang pernah menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Way Kanan.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kampung Kota Baru yang telah menginisiasi kegiatan yang luar biasa ini, hal ini dapat menjadi contoh bagi Kampung lainnya untuk meniru Pemerintah Kota Baru, dengan tujuan meningkatkan taraf perekonomian masyarakatnya, serta dapat memanfaatkan lahan tidur yang ada di Kecamatan Negeri Agung”, tutur Wabup Ali Rahman.


Diketahui, pada kegiatan tersebut, Wabup Ali Rahman menyerahkan 1.000 bibit yang terdiri dari 700 bibit pohon pinang dan 300 bibit pohon jengkol kepada masyarakat Kampung Kota Baru serta menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk terus menggalli peluang potensi pertanian yang ada, sehingga tidak terjebak pada satu komoditi dan harus berani mencoba dan terus mempelajari jenis-jenis tanaman baru yang dapat dikembangkan di Kabupaten Way Kanan. Dan kepada Pemerintah Kampung untuk pengelola Dana Desa dengan benar dan memperhatikan aspek pendayagunaan dan target sasarannya, sehingga mampu mengakomodir berbagai kepentingan dan kebutuhan masyarakat secara baik, guna dapat berkembang maju dan membantu Pemerintah Kabupaten Way Kanan dalam rangka mewujudkan Way Kanan Unggul dan Sejahtera.

Diketahui, pada kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Dinas Perkebunan, Satuan Polisi Pamong Praja, Pimpinan Kecamatan Negeri Agung, Forkopimcam Negeri Agung, Ketua HKTI Kabupaten Way Kanan, Kepala Kampung dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Baru serta masyarakat Kota Baru.



Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Ari / Dok. Pim