/ Detail Berita

Wabup Ali Rahman Hadiri Pengukuhan dan Pelantikan Wabup Lampung Utara Sisa Masa Jabatan 2019-2024

Wakil Bupati Drs. H. Ali Rahman, M.T menghadiri Pengukuhan dan Pelantikan Wakil Bupati Lampung Utara Sisa Masa Jabatan 2019-2024 di Balai Keratun Lt.3, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Bandar Lampung, Jum’at (10/06/2022) yang dihadiri oleh Gubernur Lampung, Ir. Arinal Djunaidi, Anggota DPR RI, Mukhlis Basri, Forkopimda Provinsi Lampung dan Lampung Utara, Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah se-Provinsi Lampung, Sekda Provinsi Lampung, Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemprov Lampung dan Lampung Utara.

 

Dari informasi yang dihimpun www.waykanankab.go.id dari laman resmi Pemprov Lampung, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi dalam sambutannya mengatakan bahwa pelantikan tersebut merupakan pemenuhan atas ketentuan  Peraturan Perundang-Undangan dalam hal pengisian kekosongan jabatan Wakil Bupati Lampung Utara, setelah H. Budi Utomo pada Tanggal 3 November 2020 lalu dilantik dan diambil sumpahnya sebagai Bupati Lampung Utara untuk sisa Masa Jabatan 2019-2024. Wakil Bupati Lampung Utara memiliki tugas utama untuk membantu Bupati Lampung Utara dalam memimpin pelaksanaan urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah, mengkoordinasikan kegiatan perangkat Daerah dan menindaklanjuti laporan atau temuan hasil pengawasan apparat pengawasan dan memantau serta mengevaluasi penyelenggaraan Pemerintahan yang dilaksanakan oleh Perangkat Daerah, Kelurahan atau Desa.

 

Pada pelantikan Ardian Saputra sebagai Wabup Lampung Utara tersebut, juga dijelaskan bahwa Wakil Bupati memiliki tugas untuk memberikan saran dan pertimbangan kepada Bupati Lampung Utara dalam pelaksanaan Pemerintahan Daerah, melaksanakan tugas dan wewenang Bupati apabila Bupati berhalangan tetap atau sementara, melaksanakan tugas dan kewajiban lainnya yang diberikan oleh Bupati  melalui Keputusan Bupati, serta melaksanakan tugas-tugas lainnya sesuai ketentuan.

 

Ditegaskan pula oleh Gubernur Lampung bahwa saat ini fokus kebijakan Pemerintah masih terarah kepada melanjutkan pengendalian Covid-19 dan sektor kesehatan serta pemulihan ekonomi, menjaga keberlangsungan program perlindungan sosial bagi masyarakat kurang mampu dan rentan, peningkatan kualitas SDM, melanjutkan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan kemampuan adaptasi teknologi, penguatan desentralisasi fiskal untuk peningkatan dan oemerataan kesejahteraan antar Daerah dan melanjutkan reformasi penganggaran dengan menerapkan zero-based-budgeting.

 

Kedepannya, masih lanjut Gubernur Lampung, fokus Pemerintah akan diarahkan kepada penetapan kebijakan fiskal yang mendukung pemulihan perekonomian, pembangunan kualitas SDM, pembangunan infrastruktur, Reformasi Birokrasi, revitalisasi industry, serta dukungan-dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi hijau, yang perlu segera direspon oleh Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung melalui tahapan-tahapan penyusunan rancangan Rencana Kerja Daerah yang terukur, terarah, efektif dan efisien.

 


Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Ari / Dok. Pim