Sekda Saipul Pimpin Rapat Ekspose Bank BNI Cabang Kotabumi

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :27 Juli 2020 | Sudah Dilihat : 202 Kali Dilihat

Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.IP memimpin Rapat Ekspose Bank BNI Kantor Cabang Kotabumi bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan, Senin (27/07/2020) di Ruang Rapatnya yang dihadiri oleh kepala dan unsur Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Badan Pendapatan Daerah dan Bagian Perekonomian Setdakab Way Kanan.

Pemerintah Kabupaten terkait dengan presentasi dari Bank BNI mengaku terkesan dengan produk perbankan yang ditawarkan oleh BNI, sehingga menjadi referensi untuk kemudian dipertimbangkan dalam penyelenggaraan Pemerintahan khususnya pelaksanaan APBD dalam melakukan pembayaran kepada pihak-pihak tertentu yang dapat dilaksanakan dengan sebagian menggunakan jasa-jasa layanan Bank BNI. Selanjutnya, terkait dengan jasa-jasa layanan yang ditawarkan oleh Bank BNI, yang  mungkin dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten Way  Kanan yaitu BNI Optima yang merupakan rekening yang dibuka oleh nasabah yang telah memiliki rekening simpanan (giro dan/atau tabungan) di BNI, dimana rekening BNI OPTIMA bertujuan untuk mendapatkan nilai pengembangan (bunga) yang lebih besar (special rate) dibandingkan denegan produk simpanan biasa (standart) dengan masa berlaku pemberian special rate yang dapat ditentukan sesuai kesepakatan dengan nasabah. BNI Direct yang merupakan layanan transaksi dengan platform internet banking, khususnya untuk nsabah korporasi yang membutuhkan solusi cash management secara online dalam pengelolaan kas perusahaan. Dan Tabungan Payroll.

Diketahui, ekspose tersebut diselenggarakan terkait dengan penawaran jasa-jasa pelayanan Perbankkan dalam menunjang dan memperlancar penyelenggaraan Pemerintahan di Kabupaten Way Kanan. Dalam paparannya, Bank BNI Cabang Kotabumi memaparkan terkait dengan BNI Mendukung Smart City, dimana dalam konsep Smart City tersebut dijelaskan bahwa Smart City adalah salah satu konsep pengembangan perkotaan berbasis teknologi digital atau informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kualiltas dan kinerja pelayanan perkotaan, mengurangi biaya dan konsumsi sumber daya, dan untuk terlibat lebih efektif dan aktif dengan warganya.

Beberapa konsep Smart Sity Bank BNI yaitu Smart Government atau tata kelola Pemerintahan yang cerdas, Smart Living atau hidup yang cerdas, Smart Environtment atau Lingkungan cerdas, Smart Economy atau ekonomi cerdas, Smart People atau masyarakat cerdas dan Smart Mobility atau mobilitas cerdas. Dari konsep tersebut, Bank BNI memberikan dukungan berupa Solusi berbasis “e”, al pada Smart Government yaitu meliputi e-PBB, e-PDAM, e-PTSP, e-Restibusi Pasar, e-Pajak Daerah, e-SAMSAT, SP2D Online, BNIDirect (eTax dan ePayment), VA Debit dan GB Online.

Pada Smart Living, BNI memberikan dukungan berupa Kartu Multi Fungsi (KMF) / BNI Smart Card dan BNI Smart Hospital. Untuk Smart Environment BNI memberikan dukungan pada Layanan melalui Outlet dan e-Channel serta solusi cash management. Dalam Smart Economy diberikan dukungan berupa Pembiayaan KUR bagi UMKM, GB Online, Agen46 (Bansos, BUMDes), Smart Card, berbagai jenis simpanan bagi masyarakat dan dukungan e-Channel BNI. Selanjutnya pada Smart People diberikan dukungan berupa e-Smart Community, BNI eduPATROL, Smart Tenant, TapCash dan YAPI serta e-Commerce (BNI Marketplace), Smart Card (KMF, Tourist Card) pada Smart Mobility.

Berdasarkan instruksi Presiden, bahwa untuk mengedepankan transparansi publik maka Pemerintah Daerah agar menjalankan sistem elektronik dalam kegiatan Pemerintahan (e-Govenrment), BNI melalui layanan perbankan unggulan berbasis digital dan infrastruktur yang handal serta dukungan berbagai jaringan dan cahnnel, BNI berkomitmen untuk memberikan solusi bagi Pemerintan Daerah dalam mewujudkan Smart City. BNI bersama Pemerintah Daerah bersama-sama mewujudkan transparansi publik melalui sistem elektronik dalam kegiatan Pemerintahan serta efisiensi dalam pengelolaan sistem Pemerintahan.

Beberapa hal yang mendorong penerapan Smart City bagi Pemerintah Kabupaten/Kota diantaranya yaitu masyarakat membutuhkan pelayanan yang cepat dan transparan, massyarakat membutuhkan kemudahan dalam pembayaran pajak, kebutuhan teknologi integrasi untuk tata kota, kebutuhan kualitas pelayanan yang efektif dan efisien serta bertambahnya jumlah populasi masyarakat.

BNI mendukung Pemerintah Daerah pertama dalam terciptanya Good Government dalam pengelolaan keuangan dan pelayanan publik, sementara untuk masyarakat BNI mendukung penggunaan dana menjadi transparan dan mengakibatkan kepercayaan pada Pemerintah. Kedua, Layanan masyarakat yang terpadu dan bebas pungli, sementara untuk masyarakat Pelayanan publik menjadi adil, sederhana, cepat, mudah, terbuka, wajar dan terjangkau. Ketiga, Penerimaan pajak dan restribusi daerah menjadi cepat dan tepat, sementara untuk masyarakat Kemudahan akses channel pembayaran, dimana saja dan kapan saja serta keempat, Meningkatknya penerimaan pajak dan restribusi daerah, dan untuk masyarakat Mendapatkan kepuasan karena meningkatnya mutu layanan.

 

Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Nurdin / Dok. Pim

Komentar