Sekda Saipul Minta SKPD dan Bagian Terkait Fokus Lakukan Pembinaan Lomba P3KSS Dengan Baik

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :13 September 2018 | Sudah Dilihat : 161 Kali Dilihat

Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan, Saipul, S.Sos.,M.I.P memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Lomba Peningkatan Peran Perempuan menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P3KSS) Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2018 di Aula PKK Pemda setempat, Kamis (13/09/2018).

Didampingi oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Achmad Gantha, L’Ng.,M.M dan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Srikandi dan dihadiri pula oleh para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, Direktur RSUD Zainal Abidin Pagar Alam, para Kepala Bagian Setdakab, Camat Negeri Agung dan Kepala Kampung Sumber Rejeky Kecamatan Negeri Agung.

Menyampaikan arahannya, Sekda Saipul mengatakan bahwa Satuan Kerja Perangkat Daerah yang telah ditentugas tugas dan tanggung jawabnya melalui Surat Keputusan Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M untuk dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya terkait persiapan lomba P3KSS di Kampung Sumber Rezeky Kecamatan Negeri Agung.

“SKPD yang diminta untuk menjadi narasumber dalam pembinaan agar dapat menunjuk satu orang yang benar-benar menguasai dan dapat bertanggung jawab dengan tugas yang telah diamanatkan terkait dengan persiapan lomba tersebut”, ujar Saipul.

Selanjutnya, Sekda Saipul juga mengintruksikan kepada Camat dan Kepala Kampung agar tidak hanya fokus dalam menggerakkan 100 warga binaan dalam perlombaan P3KSS saja, tetapi lebih kepada aksi serta manfaat yang dapat diterima oleh 100 warga binaan tersebut.

“100 warga binaan yang diikutsertakan dalam perlombaan merupakan warga yang benar-benar tidak mampu, agar asas manfaatnya dapat benar-benar dirasakan oleh warga binaan tersebut serta kepada Camat dan Kepala Kampung untuk lebih fokus, intens dan saling membantu selama persiapan sampai dengan penilaian tahun depan”, lanjut Sekda Saipul.

Ditempat yang sama, Sekretaris Dinas P3AP2KB, Srikanti memaparkan bahwa yang dimaksud dengan P3KSS yaitu salah satu program peningkatan peranan perempuan dalam pembangunan, untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam serta lingkungan guna mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat, sejahtera dan bahagia dalam rangka untuk pembangunan masyarakat desa/kelurahan kabupaten/kota dengan perempuan sebagai penggeraknya.

“Dengan maksud dan tujuan salah satunya yaitu mendorong dan meningkatkan semangat kader di desa/keluarahan sebagai pelaksana yang telah berhasil menyelenggarakan program terpadu P3KSS sesuai kebijakan yang telah digariskan dan menetapkan pelaksana terbaik dengan memberikan penghargaan kepada tim pelaksana yang telah berhasil melakukan pembinaan dalam rangka peningkatan dan pemberdayaan perempuan”, ujar Srikandi.

Selanjutnya, indikatir lomba P3KSS Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2018 diantaranya yaitu ruang lingkup program P3KSS meliputi sasaran program P3KSS yaitu perempuan yang tingkat kesejahteraann tergolong rendah/keluarga miskin, dan jangkauan program P3KSS yaitu semua kampung/kelurahan dengan prioritas rawan sosial ekonomi, kesejahteraan dan pendidikan.

“Tujuan program P3KSS yaitu meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan mewujudkan keluarga berkualitas dengan tujuan khususnya yaitu meningkatkan kesehatan perempuan, pendidikan perempuan, pengetahuan dan keterampilan perempuan dalam usaha ekonomi produktif, perempuan dalam pelestarian lingkungan hidup, peran aktif perempuan dalam pengembangan masyarakat dan pemahaman wawasan kebangsaan”, lanjut Srikandi.

Diketahui, indikator penilaian Lomba P3KSS yaitu kelembagaan (struktur P3KSS), administrasi (6 buku wajib), kesetaraan dan keadilan gender, penyuluhan pertanian, pemanfaatan lahan pekarangan, perintisan pemugaran rumah (penyuluhan dan pemugaran) rumah dan lingkungan  yang sehat), kesehatan, penyuluhan dan pelaksanaan keluarga berencana dan kependudukan, penyuluhan kepada pedagang kecil / ekonomi lemah khusus perempuan, TP PKK dan peningkatan keterampilan perempuan.

Dan Jadwal Pembinaan Lomba Peningkatan Peran Perempuan menuju Keluarga Sehat Sejahtera, Gerakan Sayang Ibu dan Pondok Sayang Ibu Tahun 2018 Kabupaten Way Kanan yaitupada tanggal 20 September 2018, 27 September 2018, 4 Oktober 2018, 11 Oktober 2018, 18 Oktober 2018, 25 Oktober 2018, 8 November 2018, 22 November 2018, 6 Desember 2018 dan 13 Desember 2018 Pukul 13.00 WIB sampai dengan selesai bertempat di Kampung Sumber Rezeky Kecamatan Negeri Agung.

Komentar