Saipul Buka Kegiatan Digitalisasi Profil Kampung

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :06 November 2018 | Sudah Dilihat : 179 Kali Dilihat

Data sangat penting untuk digunakan dalam menetukan prioritas pelaksanaan pembangunan dan dijadikan acuan dalam evaluasi, pengendalian kegiatan pembangunan, hal itu diperkuat dala Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan yang dipertegas pada pasal 31 yang berbunyi bahwa perencanaan pembangunan diedarkan pada data dan informasi yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.

 

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.I.P saat membuka Kegiatan Digitalisasi Profil Kampung Kabupaten Way Kanan Tahun 2018 di Aula Sanggar Kegiatan Belajar Kecamatan Blambangan Umpu, Selasa (06/11/2018).

Pada kesempatan tersebut, Sekda Saipul juga mengatakan bahwa kebutuhan data yang akurat dalam perencanaan pembangunan juga telah diamanatkan dalam Undang – Udang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pngelolaan Data dan Informasi Perencanaan.

 

“Media elektronik seperti digitalisasi profil kampung merupakan proses pengelolaan dan pengurusan arip yang akan menjadi lebih mudah dan tidak akan memakan waktu lama sehingga dapat memudahkan dalam proses penemuan kembali”, ujar Sekda Saipul pada kegiatan yang dihadiri oleh kepala dan unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah, Bagian Setdakab, Camat, Kepala Kampung dan Operator Kampung se- Kabupaten Way Kanan.

Penggunaan media elektronik, masih lanjut Sekda yang pernah menjabat Inspektur Daerah Kabupaten Way Kanan itu, dalam pengelolaan data inilah dapat menjadikan arsip konvemsional menjadi digital atau juga dapat menciptakan arsip elektronik.

 

“Teknologi Informasi (TI) sebagai suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data termasuk memproses, memdapatkan, menyusun, menyimpan dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi strategis yang berkualitas yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu untuk pengambilan keputusan dan kebijakan dalam menentukan prioritas dan perencanaan pembangunan. Untuk itu pada kegiatan ini Saya meminta kepada para operator kampung nantinya untuk dapat menyajikan data yang cepat dan akurat sebagai upaya kita bersama dalam mewujudkan Way Kanan maju dan Berdaya Saing 2021”, lanjut Sekda Saipul.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, H. Bakhril, S.H.,M.M dalam laporannya menyampaikan bahwa proses perencanaan maupun pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah sangat memerlukan kapasitas data yang baik dan akurat, ketersediaan data yang berkualitas merupakan tujuan bagi Pemerintah dalam upata merumuskan kebijakan, melakukan monitoring maupun dalam evaluasi program agar sasaran yang ditetapkan Pemerintah dalam pembangunan untuk mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah yaitu Way Kanan Maju dan Berdaya Saing 2021 dapat dicapai dengan efektif”, ujar Kadis Kominfo, Bakhril.

 

Lebih lanjut, Kadis Kominfo, Bakhril juga mengatakan bahwa Pembuatan profil kampung berbasis elektronik merupakan kewajiban aparatur Pemerintah Kampung, oleh karena itu dalam rangka melaksanakan kegiatan tersebut haruslah didukung dengan pengetahuan tata cara dan atau metode pengisian profil kampung berbasis elektronik yang mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 tentang Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Kampung dan Kelurahan.

“Profil kampung berbasis elektronik yang akan disusun menjadi sumber informasi dan acuan pemerintah daerah terhadap perkembangan setiap kampung. Dalam hal ini, pemerintah ingin mengetahui apa saja yang masih menjadi kebutuhan kampung. Selain itu, keunggulan setiap kampung juga merupakan informasi penting dalam mengelola potensi yang ada”, sambung Kadis Kominfo, Bakhril.

 

Dalam rangka meningkatkan kemampuan bagi Aparatur Pemerintah Daerah dalam hal ini pemenuhan profil kampung berbasis elektronik perlu dilakukan upaya peningkatan kompetensi dan pemahaman aparatur  Kampung dalam  penyusunan profil kampung sehingga menghasilkan digitalisasi profil kampung yang memenuhi persyaratan sebagaimana ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada.

Diketahui, pada kegiatan Digitalisasi Profil Kampung akan dilaksanakan selama 3 hari kedepan, dengan materi yang akan disampaikan yaitu manfaat keakuratan data kampung, pemaparan manfaat teknologi informasi dalam mendoring percepatan informasi kampung yang akurat, pemaparan teknis profil kampung digital serta praktek teknis profil kampung digital dan diikuti sebanyak 227 peserta yang berasal dari Petugas Operator Kampung se- Kabupaten Way Kanan.

Komentar