RAS Kukuhkan Pengurus NPC Way Kanan

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :13 September 2019 | Sudah Dilihat : 247 Kali Dilihat

Bertempat di Lapangan Korpri Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan, Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M menghadiri Pengukuhan Pengurus National Paraliympic Commite (NPC) serta Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2019, Jum’at (13/09/2019) yang dihadiri oleh Wakil Bupati DR. Drs. H. Edward Antony, M.M, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah Kabupaten Saipul, S.Sos.,M.IP, para Staf Ahli Bupati,  Asisten Sekda, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hj. Thurismawaty Edward Antony dan Organisasi Wanita lainnya.

Membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Rahrawi, Bupati Adipati pada acara yang mengangkat tema besar “Ayo Olahraga, Dimana Saja, Kapan Saja” itu mengatakan bahwa Pembinaan atlet muda berbakat yang didukung oleh talent identification dan talent scouting yang tepat, telah dibuktikan pula pada perhelatan ASEAN Schools Games (ASG) 2019 di Semarang, Indonesia tidak sekedar sukses menjadi tuan rumah dan memenuhi target juara umum, namun secara keseluruhan, Indonesia mampu melampaui target dengan mengoleksi 43 emas, 34 perak, dan 25 perunggu. Dan seperti yang diketahui pada perhelatan Asian Gaames dan Asian Paragames Tahun 2018 lalu Indonesia mendapatkan kado yangn istimewa dari para atlit nasional, dengan Peringkat ke 4 pada ajang Asian Games 2018 dengan perolehan 98 medali yang terdiri dari 31 Emas, 24 Perak dan 43 Perunggu. Dan yang lebih membanggakan atlit Disabilitas mampu mencatatkan sejarah baru kita menjadi peringkat kelima ajang Asian Paragames 2018 dengan perolehan 135 medali yang terdiri dari 37 Emas, 47 Perak dan 51 Perunggu.

 

“Hal tersebut menandakan bahwa kita telah menata fondasi olahraga prestasi yang cukup kuat dimulai dari usia Dini, atlit Unggulan dan atlit Disabilitas. Dengan demikian, kita telah memiliki harapan besar untuk membangun olahraga prestasi dengan melakukan pembinaan secara berjenjang. Dan tahun ini kita telah menyiapkan atlit-atlit yang akan bertanding dalam perhelatan Olimpiade dan Paralimpiade Tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Tokyo”, ujar Bupati Adipati.

Selanjutnya, cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam Olimpide 2020 merupakan cabang olahraga unggulan yang diharapkan mampu melampaui target yang ditentukan. Dan kesuksesan menjadi tuan rumah dalam ajang pertandingan olahraga tingkat ASIAN menjadi tolak ukur untuk bisa menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade tahun 2032. Dimana keinginan tersebut telah ditindaklanjuti oleh Bapak Presiden melalui surat pengajuan sebagai kandidat tuan rumah yang disampaikan kepada Presiden International Olympic Committee (IOC) melalui Duta Besar Indonesia di Swiss dan juga berharap pencak silat yang merupakan olahraga asli rakyat Indonesia mampu dipertandingkan dalam ajang bergengsi tersebut.

 

“Rangkaian Pencak Silat Road to Olympic telah kita lakukan tidak hanya diskusi-diskusi bersama pakar olahraga namun telah kita lakukan pelatihan-pelatihan secara profesional di berbagai negara itu menunjukan keseriusan kita agar Pencak Silat bisa masuk dalam cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang Olimpiade. Yang selanjutnya untuk optimalisasi pemassalan dan pembudayaan olahraga, sesuai Intruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang juga ditindaklanjuti dengan Peraturan Menpora RI Nomor 18 Tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga, kita sama-sama laksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat”, lanjut Adipati.

Selanjutnya, sejalan dengan pesan Bapak Presiden dalam salah satu janji kampanye yang di keluarkan oleh Kantor Staf Kepresidenan yaitu ”Perlu pengintegrasian olahraga dengan sistem pendidikan nasional serta perlu menumbuhkan minat masyarakat Indonesia dalam bidang olahraga, sehingga dapat tumbuh menjadi bagian dari budaya dan kepribadian bangsa”.

 

“Terima kasih kepada semua insan olahraga dan masyarakat yang selama ini telah bersama-sama kami dalam upaya-upaya memajukan olahraga di Indonesia baik untuk olahraga prestasi, pendidikan maupun rekreasi serta untuk rekan-rekan organisasi olahraga, para atlit, pelatih, pembina dan rekan-rekan wartawan untuk turut aktif mempromosikan olahraga”, tuturnya yang juga mengungkapkan rasa bangga kepada para pahlawan olahraga dan peraih penghargaan olahraga semoga tetap sukses dengan perjuangannya dalam peningkatan prestasi dan peningkatan minat masyarakat untuk berolahraga kedepannya.

Diketahui, pada kegiatan tersebut Bupati Adipati melantik Pengurus NPC Way Kanan Masa Bhakti 2016-2021 berdasarkan Surat Keputusan Ketua Pengurus Provinsi Lampung National Paraliympic Commitee (NPC) Indonesia Nomor : 004/NPC-Lampung/V/2019 dengan Ketua  Marman Syakroni, Wakil Ketua Dwi Susilo, Sekretaris Heriyanto, S.H,  Wakil Sekretaris Muhammad Rasyid Ridho, A.Md, Bendahara Pujianto dan Wakil Bendahara Susi Meldawanti.

Usai Pelantikan Pengurus NPC Way Kanan dilanjutkan dengan senam bersama dan Pembagian Doorprize yang juga dihadiri oleh Kepala dan unsur Inspektur Daerah Kabupaten, Dwan Perwakilan Rakyat Daerah, Satuan Kerja Perangkat Daerah, Bagian Sekretariat Daerah Kabupaten.

 

Penulis : Fitria Wulandari

Editor : Edward Apriadi

Photo : Dicy / Humas Pemda

Komentar