RAS Buka Sosialisasi PSR Way Kanan

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :12 September 2019 | Sudah Dilihat : 176 Kali Dilihat

Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M didampingi unsur Kodim 0427/Wk, Polres Way Kanan dan Kejaksanaan Negeri menghadiri Kegiatan Sosialisasi Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) Kabupaten Way Kanan Tahun 2019 Hotel Sinar Kampung Bumi Ratu Kecamatan Blambangan Umpu, Kamis (12/09/2019) yang dihadiri oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Ir. Kusnardi, M.Agr, Ec, kepala dan unsur Dinas Pekerjaan Umum, Dinas TPHP, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perkebunan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja, Bagian Hukum, dan Camat se-Kabupaten Way Kanan.

Dalam sambutannya, Bupati Adipati mengatakan para pemilik kebun sawit harus mempunyai data perkebunan yangn tidak hanya data calon petani ataupun calon lahan (CP/CL) saja tetapi juga memiliki data yang dapat menunjukkan lahan tersebut mempunyai alas hak yang jelas serta orang-orangnya telah tergabung di kelompok tani yang telah terintegrasi di Departemen Pertanian RI.

“Saya juga menyambut baik dengan adanya program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Kabupaten Way Kanan ini, karena dengan adanya Peremajaan tanaman sawit akan produksinya akan meningkat dan pendapatan para perkebun Sawit akan lebih baik lagi. Pendataan tersebut menjadi tugas dan tanggung jawab Dinas Perkebunan Kabupaten Way Kanan untuk segera mensosialisasikan program peremajaan kelapa sawit ini di kecamatan-kecamatan dan kampung-kampung. Hal ini agar kelompok tani pekebunan dapat memberikan data-data yang akurat terkait dengan persyaratan yang harus dipenuhi kelompok”, Ujar Bupati Adipati.

Selain itu, bertitik tolak dari Rencana Jangka menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Way Kanan periode 2016-2021 dengan visi “Way kanan Maju dan Berdaya Saing 2021” dengan pengertian Maju menunjukkan tingkat kesejahteraan Masyarakat Way Kanan yang tinggi dan berdaya saing menunjukkan kemampuan daerah dalam memanfaatkan potensi daerah, maka Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) ini sangat mendukung pragram-program pembangunan di Kabupaten Way Kanan.

“Beberapa waktu yang lalu Kabupaten Way Kanan juga telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan The Business Watch Indonesia (BWI) yang juga mendukung Program Penguatan Petani Kelapa Sawit dan memberikan perhatiannya kepada industri kelapa sawit. Hal ini menunjukkan bahwa petani pekebun mempunyai peran yang strategis dalam pengembangan sektor kelapa sawit Indonesia pada masa yang akan dating”, lanjut Ayah tiga anak itu yang juga berharap sinergisitas Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) dan Program The Business Watch Indonesia (BWI) yang didukung oleh stakeholders dan jajaran Pemerintah Kabupaten Way Kanan khususnya dinas terkait akan menjawab permintaan pasar yang semakin kompetitif untuk membawa Petani Pekebun Kelapa Sawit Way Kanan Maju dan Berdaya saing 2021.

Komentar