RAS Bacakan Sambutan Gubernur Lampung Pada Pelantikan 40 Anggota DPRD Way Kanan

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :19 Agustus 2019 | Sudah Dilihat : 342 Kali Dilihat

Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M didampingi Wakil Bupati DR. Drs. H. Edward Antony, M.M menghadiri Sidang Paripurna Pengambilan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kabupaten Way Kanan Masa Jabatan 2019-2024 di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten setempat, Senin (19/08/2019) yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sementara A. Haris Nasution dan dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah Kabupaten Saipul, S.Sos.,M.IP, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, Inspektur Daerah Kabupaten, Sekretaris DPRD Kabupaten, kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, Bagian Sekretariat Daerah Kabupaten, Instansi Vertikal, Direktur RSUD ZAPA, Sekretaris Korpri, Camat Se-Kabupaten Way Kanan, Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Dessy Afriyanti Adipati, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Thurismawaty Edward Antony, Ketua Dharmawanita Vorian Melita Saipul dan Organisasi wanita lainnya.

Membacakan sambutan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Raden Adipati Surya mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan puncak dari seluruh rangkaian proses pelaksanaan Pemilu Anggota DPRD Kabupaten/Kota yang secara filosofis berkedudukan sebagai suatu sarana demokrasi yangn dimaksudkan untuk mempresentasikan kedaulatan rakyat dalam tatanan Pemerintahan NKRI yang berdasarkan Pancasila.

“Selain ucapan terima kepada seluruh masyarakat Lampung atas partisipasinya dalam menggunakan hak konstitusionalnya dalam pemungutan suara pada Tanggal 17 April 2019 lalu, juga terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada jajaran TNI/Polri yang bekerjasama turut menjaga pelaksanaan Pemilu dalam nuansa yang demokratis, lancar dan damai”, ujar Bupati Adipati.

Pemilu Tahun 2019 telah menghadirkan wajah-wajah baru, masih lanjut Bupati Adipati, tidak terkecuali bagi DPRD Kabupaten/Kota yang baru pertama kali terpilih mencapai kisaran 50%. Hal tersebut diikuti dengan beragamnya latar belakang profesi Anggota DPRD terpilih, yang tidak hanya berasal dari kalangan politisi semata.

“Penting artinya setiap anggota DPRD mengetahui, memahami, dan mampu menjalankan tugas dan fungsinya itu sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Daerah, dimana setiap anggota DPRD Kabupaten/Kota diharapkan mampu menggagas, mengawal pembangunan daerah dan melakukan pengawasan dengan satu tekad membangun untuk kesejahteraan rakyat. Yang dalam hal ini, pelaksanaan fungsi-fungsi beserta hak, tugas dan wewenang DPRD secara efektif hanya mungkin dilakukan dengan dukungan para anggotanya yang mempunyai tingkat kualitas tinggi, yang tidak cukup hanya berbekal pengalaman di bidang sosial kemasyarakatan dan politik praktis, melainkan juga harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan substansi bidang tugas DPRD yang menjadi tanggungjawabnya”, lanjutnya.

Bupati Adipati juga menegaskan bahwa para Anggota DPRD berhak meningkatkan kapabilitas dan kualitasnya melalui kegiatan-kegiatan seperti orientasi dan bimbingan teknis. Namun perlu diingat bahwa pelaksanaannya dilakukan secara proporsional dan berbasis pada peningkatan hard skill maupun soft skill, dan bukan pada kuantitas banyak-sedikitnya mengikuti kegiatan-kegiatan dimaksud.

“Kepala Daerah dan Anggota DPRD sama sama dipilih oleh rakyat, sehingga kita harus bekerja untuk rakyat untuk meningkatkan pembangunan dan pelayanan publik. Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung tahun 2019 - 2024 telah berkomitmen untuk mencapai visi Rakyat Lampung Berjaya dengan fokus pembangunan bidang pendidikan, kesehatan, kepemerintahan yang bersih dan amanah, pembangunan infrastruktur, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dan kaum difabel, energi, pertanian, perdesaan dan perkotaan, dan pembangunan berkelanjutan. Untuk itu, saya mengajak kita semua anggota DPRD Kabupaten/ Kota untuk bersama sama kita bergandengan tangan dan merapatkan barisan guna menjawab kebutuhan dan harapan masyarakat untuk Lampung yang lebih aman, berbudaya sejahtera dan berdaya saing. Mari kita niatkan masa bakti kita selama lima tahun ini sebagai ibadah kepada Tuhan YME dan bakti kepada masyarakat Lampung”, pungkasnya pada Pengambilan Sumpah/Janji 40 Anggota DPRD Way Kanan.

 

Penulis : Fitria Wulandari

Editor : Edward Apriadi

Photo : Emir, Ari / Humas Pemda

Komentar