Rapat Pembahasan Rancangan Peraturan Bupati tentang Pemungutan Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :03 Maret 2021 | Sudah Dilihat : 224 Kali Dilihat

Way Kanan – Asisten I Sekdakab. Way Kanan memimpin Rapat Pembahasan Rancangan Peraturan Bupati tentang Pemungutan Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang, di ruang kerjanya, Rabu (03/03/2021). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Bagian Hukum Setdakab. Way Kanan, Aris Supriyanto, S.H., M.H., Kepala Bidang PPL dan STI pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Way Kanan, Meli Ardian, Kasubbag. Perundang-undangan Bagian Hukum Setdakab. Way Kanan, Frisman Yudi Harnata, S.H., M.Kn., dan Unsur dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Way Kanan.

 

Pembahasan Rancangan Peraturan Bupati tersebut merupakan tindak lanjut dari Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2020 tentang Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang. Pada Peraturan Daerah tersebut memuat 7 delegasi aturan untuk diatur lebih lanjut dalam Peraturan Bupati, ketujuh delegasi tersebut diantaranya tata cara pelaksanaan pemungutan retribusi, bentuk isi ukuran buku dan tanda bukti pembayaran retribusi, tata cara pembayaran penyetoran dan tempat pembayaran retribusi, tata cara pelaksanaan penagihan retribusi.

Berkaitan dengan hal tersebut Asisten I Sekdakab. Way Kanan, Selan, S.Sos., M.M., menuturkan “Secara substansi Raperbup tentang Pemungutan Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang telah diatur pada Perbup tentang Tata Cara Pemungutan Retribusi Daerah, oleh karena itu tidak diperlukan Perbup baru yang mengatur khusus tentang Tera/Tera Ulang, cukup dengan melakukan perubahan pada Perbup yang telah ada”, tutur Asisten I, Selan.

 

Lebih lanjut ia menambahkan perlu dilakukan inventarisasi Perbup yang mengatur tentang Pajak dan Retribusi Daerah yang berlaku di Kabupaten Way Kanan, untuk dikaji lebih lanjut agar tidak saling bertentangan dan jika memungkinkan dapat dikompilasi dalam satu produk hukum saja (penyederhanaan regulasi).

 

Rillis dan Photo : Bagian Hukum Setdakab Way Kanan

Komentar