Rakoor Bidang Kesehatan, RAS Minta RSUD ZAPA Pindah Akhir Januari 2020

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :14 Januari 2020 | Sudah Dilihat : 761 Kali Dilihat

Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M didampingi Kepala Dinas Kesehatan Anang Risgiyanto, SKM., M.Kes memimpin Rapat Koordinasi Bidang Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan di Aula Ksatria Bhakti Husada Dinas Kesehatan setempat, Selasa (14/01/2020) yang dihadiri oleh Direktur RSUD Zainal Abidin Pagar Alam dr. Burhan, S.Pb, para kepala UPT Puskesmas, Tenaga Kesehatan dan Staf Kesehatan se-Kabupaten Way Kanan.

Pada rapat tersebut Bupati Raden Adipati Surya menyampaikan kepada kepala Dinas Kesehatan dan jajaran untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan dibidang kesehatan serta mempertahankan prestasi-prestasi yang telah diraih.

“Penghargaan yang berhasil diraih saya ingin dijadikan sebagai kebiasaan seluruh jajaran dan masyarakat, untuk kedepan dapat lebih mudah dalam mempertahankan maupun meningkatkan prestasi -prestasi tersebut”, ujar Bupati Adipati.

Terkait gedung RSUD baru, Bupati muda penerima Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) oleh Menteri Kesehatan RI pada 22 Maret 2019 lalu itu meminta kepada Dinas Kesehatan, Direktur RSUD ZAPA, jajaran dan SKPD terkait untuk dapat menyelesaikan persiapan Operasional perpindahan RSUD ke gedung baru pada akhir Januari 2020 ini.

“Apa saja yang menjadi kendala pada persiapan perpindahan RSUD ke gedung baru untuk segera diselesaikan dan dilaporkan kepada Saya. Agar masyarakat dapat segera memanfaatkan fasilitas kesehatan di RSUD. Dan Saya tegaskan kepada Dinas Kesehatan, RSUD dan UPT Puskesmas agar dapat memperbaiki pelayanan terutama pada Poli Klinik, Unit Gawat Darurat dan Rapat Inap dimasing-masing wilayah.  Selanjutnya,  pihak RSUD juga untuk memperhatikan Supir Ambulan serta ketegasan terhadap kinerja Satpam RSUD”, tegas Bupati Adipati yang juga mengapresiasi Pelayanan Kesehatan yang dinilai masyarakat cukup baik pada RSUD, Puskesmas dan Dinas Kesehatan dimana diharapkan pula dapat lebih ditingkatkan.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan, Anang Risgiyanto dalam paparan Refleksi Bidang Kesehatan Tahun 2019 menyampaikan bahwa Indikator Kinerja Utama Dinas Kesehatan yaitu Capaian IPM Angka Harapan Hidup, dengan Indikator Kinerja Utama Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan sasaran strategi meningkatkan kesehatan keluarga dan perbaikan gizi masyarakat, meningkatkan pencegahan dan pengendalian penyakit serta Terwujudnya peningkatan mutu pelayanan kesehatan dasar dan rujukan.

“Di Tahun 2019 lalu kita juga telah berhasil meraih Peringkat Kedua Nasional Deklarasi ODF 2019, bersama 19 Kabupaten/Kota se-Indonesia meraih STBM Award dan sebagai Kabupaten Terbaik 1 Nasional Penghargaan Kabupaten Sehat Tahun 2019. Selanjutnya, Goals di Tahun 2020 yaitu AKI dan AKB, Stanting, 5 Pilar STBM, Re-Akreditasi Puskesmas, Sistem Pelayanan Rujukan/ RS, Penyakit  Menular, Penyakit Tidak Menular dan Farmalkes dan SDMK”, ujar Kadis Kesehatan Anang.

Diketahui, Status RSUD sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor: 36 tahun 2019 tentang pembentukan organisasi dan tata kerja Unit Pelaksana Teknis  Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin Pagaralam Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan serta menyatakan bahwa rumah sakit bersifat Unit Pelaksana Teknis  (UPT) dibawah dan bertanggung Jawab kepada Kepala Dinas Kesehatan. Untuk sumber daya yang ada di RSUD yaitu 209 Orang Tenaga Kesehatan, 88 Orang Tenaga Non Kesehatan, 17 Orang Dokter Spesialis, 11 Orang Dokter Umum, dengan fasilitas 60 Tempat Tidur yang berada di Kelas 1, Kelas 2, Ruang 3 dan Isolasi serta RSUD ZAPA berstatus Akreditasi Perdana. RSUD ZAPA juga memiliki 4 Unit Mobil Ambulance, 1 Unit Mobil Jenazah dan 1 Unit Mobil UTDRS.

RSUD ZAPA juga memiliki Pelayanan 24 Jam IGD, Radiologi, Farmasi, Laboratorium, UTDRS, dan Kamar Operasi. Untuk Rawat Inap berada di Ruang Perawatan Bedah dan Non Bedah, Ruang Kebidanan, Ruang Anak dan ICU. Sementara untuk Rawat Jalan terdapat pada Klinik Penyakit Dalam, Klinik Bedah, Klinik Anak, Klinik Kebidanan, Klinik Bedah Mulut/Gigi, Klinik Mata, Klinik THT, Hemodialisa, Fisioterapi dan Medical Chek Up. Sedangkan pada Pelayanan Penunjang RSUD ZAPA terdapat Pelayanan Penunjang Laboratorium, Pelayanan Penunjang Instalassi Farmasi, Pelayanan Penunjangn Radiologi dan Pelayanan Penunjang UTDRS.

 

Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Ari / Humas Pemda

Komentar