Puncak Peringatan HUT Pramuka Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018  

Diposting Oleh : Super Administrator | Tanggal Posting :30 Agustus 2018 | Sudah Dilihat : 306 Kali Dilihat

 

Sebagai puncak dari rangkaian peringatan Hari Pramuka Ke-57 Tingkat Daerah Lampung Tahun 2018, Kamabida Gerakan Pramuka Provinsi Lampung yang juga Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo, M.Si memimpin Apel Besar Peringatan Hari Pramuka Ke-57 di Lapangan Utama Kampung Bumi Baru Kecamatan Blambangan Umpu, Rabu (29/08/2018).

Dalam apel tersebut diikuti oleh seluruh Bupati dan Wakil Kota se-Provinsi Lampung selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi dan Kabupaten / Kota Se-Provinsi Lampung, kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, tokoh masyarakat selaku anggota Majelis Pembimbing, pelatih, pembina, pamong, instruktur Gerakan Pramuka.

 

Membacakan sambutan tertulisnya, Gubernur Ridho Ficardo menyampaikan bahwa peran Gerakan Pramuka merupakan wadah pembinaan kaum muda di tanah air, pendidikan kepramukaan merupakan proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengalaman.

“Nilai-nilai kepramukaan yang bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotika, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga serta membangun Negara kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup”, ujar Gubernur Ridho Ficardo.

 

Selanjutnya, Gubernur Ridho Ficardo juga mengatakan bahwa Gerakan Pramuka telah mencapai usia 57 tahun, jelas merupakan waktu yang tidak pendek untuk membuktikan bahwa gerakan ini telah memberikan kontribusi yang nyata dalam mencetak calon pemimpin bangsa Indonesia. Sampai saat ini semangat itu tidak pernah pudar, dan tidak boleh pudar. Pramuka harus selalu bekerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia. Untuk itu, saya menghimbau kepada para orangtua agar memberikan kesempatan sekaligus dukungan kepada putra-putrinya untuk mengikuti kegiatan kepramukaan di gugus depan masing-masing.

“Pendidikan kepramukaan yang mendasarkan pada Satya dan Darma Pramuka harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan Pramuka sebagai pedoman bersikap dan berprilaku. Gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan karakter kaum muda dan calon pemimpin masa depan bangsa Indonesia, tentu harus lebih berperan dalam mendidik generasi milineal dewasa ini”, lanjut Gubernur Ridho Ficardo.

 

“Selaku Ketua Mabida Gerakan Pramuka Lampung, saya memiliki tugas dan kewenangan Pemerintah Daerah dengan memberikan bimbingan, dukungan dan fasilitas dalam penyelenggaraan pendidikan kepramukaan di Provinsi Lampung. Bantuan  nyata tersebut berupa dukungan dana melalui APBD dalam bentuk biaya kegiatan maupun pembangunan sarana dan prasarana pendidikan kepramukaan. Bantuan dan dukungan ini akan terus dilakukan dan ditingkatkan sesuai dengan kemampuan daerah”, tutur Gubernur Ridho.

Pada apel besar tersebut, Gubernur yang memasuki tahun terakhir kepemimpinannya bersama Wakil Gubernur Bachtiar Basri itu juga mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung juga telah menyediakan lahan seluas ± 100 Ha di wilayah Kota Baru Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan yang lahan tersebut sebagai Bumi Perkemahan Pramuka yang saat ini fasilitas pendukungnya seperti aula, tapak perkemahan, lapangan upacara, dan lain-lain sedang dalam tahap pembangunan. Insya Allah tahun depan semua fasiltas tersebut telah dapat digunakan.

 

“Saya berpesan kepada adik-adik manfaatkan sebesar-besarnya lahan Bumi Perkemahan ini bagi pembinaan Gerakan Pramuka di Provinsi Lampung. demikian juga kepada Bupati dan  Walikota selaku Ketua Mabicab, saya berharap juga dapat memberikan bimbingan dan dukungan demi kelancaran pelaksanakaan pendidikan kepramukaan didaerah masing-masing.  Dengan menyediakan fasilitas untuk kegiatan kepramukaan tersebut, mudah-mudahan pembinaan Gerakan Pramuka diwilayahnya akan terus berkembang dan tentunya, Pemerintah Daerah juga akan terbantu oleh Gerakan Pramuka dengan terbinanya generasi muda kita menjadi generasi muda penerus bangsa yang siap menjadi pemimpin dimasa depan”, lanjut Gubernur Ridho Ficardo.

Diakhir sambutannya, Gubernur Lampung juga berpesan kepada peserta apel Pramuka agar rajin belajar giat berlatih, gali pengetahuan dan pengalaman sebanyak-banyaknya untuk masa depan, serta hindari pergaulan, perbuatan yang akan merugikan diri sendiri, keluarga, bangsa, Negara, dan agama.

 

Diketahui pada apel besar tersebut juga dilakukan pemberian penghargaan Gerakan Pramuka berupa Melati kepada Drs. H. Rohimat Asian Ketua Kwarcab Lampung Utara, penghargaan Darma Bakti kepada Leokman Djoyo Soemarto jabatan Wakil Ketua Mabicab Lampung Utara, penghargaan Pancawarsa II kepada H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M jabatan Ketua Mabicab Way Kanan, penghargaan Pancawarsa III kepada Fauzi Hasan, S.E.,M.M jabatan Ketua Kwarcab Tulang Bawang Barat, penghargaan Pancawarsa III kepada Theresia Sormin, S.H jabatan Anggota Mabida Kwarda Lampung, penghargaan Pancawarsa III kepada Fitter Syahboedin, S.E.,M.M jabatan anggota Mabida Kwarda Lampung, penghargaan Pancawarsa III kepada Jayadi jabatan Anggota Mabida Kwarda Lampung, penghargaan Pancawarsa III kepada Diona Katharina, S.Sos.,M.Pd jabatan anggota Daerah Kwarda Lampung, penghargaan Pancawarsa IV kepada M. Zulkarnain, S.Sos.,M.Si jabatan anggota daerah Kwarda Lampung, dan penghargaan Pancawarsa V kepada Drs. Nukman jabatan Ketua Kwarcab Lampung Barat serta menyematkan tanda penghargaan Satya Lencana kepada sejumlah anggota Pramuka berperstasi. Selain itu juga diserahkan bantuan kursi roda dan alat bantu pendengaran untuk para penyandang cacat.

Komentar