Pertama Di Sumatera, Skadron 12/Serbu Kolaborasi dengan PMI Di 2 Provinsi

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :24 Januari 2020 | Sudah Dilihat : 485 Kali Dilihat

Sebagai salah satu langkah dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Sukarelawan dalam Kegiatan Kemanusiaan dan Kebencanaan khususnya Palang Merah Remaja (PMR), Skadron 12/Serbu Way Tuba Kabupaten ini akan menyelenggarakan Perlombaan dan Pelatihan baik bagi anggota PMR Tingkat Wira/Regional maupun pelajar SLTA/Sederajat se-Kabupaten Way Kanan dan Kabupaten OKU Timur.

Kegiatan yang didasari pula oleh Program Kerja Skadron 12/Serbu bidang Komunikasi Sosial dan Rencana Strategis Palang Merah Indonesia Tahun 2019 itu direncanakan akan dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 7 sampai dengan 9 Februari 2020 mendatang bertempat di Mako Skadron 12/Serbu.

Dalam kegiatan tersebut akan mengkombinasikan antara materi perlombaan PMI dengan TNI Angkatan Darat, diantaranya Perlombaan Pertolongan Pertama (PP), Perlombaan Cipta Tandu Darurat (LCTD) serta Perlombaan Pasang Bongkar Tenda (PBT) yang akan dikombinasikan dengan Pelatihan Mengatasi Rintangan Alam, Pelatihan Praktek Navigasi, membaca PETA Darat Skala 50.000, Kerjasama Pelayanan Dapur Umum Lapangan, Teknik Komunikasi antara Relawan ke Posko Utama, ke Helikopter dan Komunikasi Sesama Relawan. Selain itu, para peserta juga akan mendapatkan Pelatihan Teknik Menaikkan dan Menurunkan Korban dari/ke Helikopter dan Ambulan serta Teknik Pelaporan Administrasi Tertulis oleh Tim melalui riwayat penderita dan kartu luka.

Ketua PMI Way Kanan DR. Drs. H. Edward Antony, M.M sangat mendukung terlaksananya kegiatan tersebut karena dinilai dapat memberikan ilmu serta pengalaman yang sangat bermanfaat bagi para Anggota PMR. Ketua PMI yang juga merupakan Wakil Bupati Way Kanan itu juga telah mengeluarkan Surat Rekomendasi kepada seluruh Sekolah Tingkat Menengah Atas di Kabupaten Way Kanan agar dapat mengirimkan Tim untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Sementara itu, sebagai bentuk keseriusan dari pihak TNI AD khususnya Skadron 12/Serbu langsung melakukan pendampingan para Panitia PMI baik Kabupaten Way Kanan dan OKU Timur dalam pendistribusian undangan. Hal tersebut dilakukan guna memberikan pemahaman kepada pihak Sekolah terkait manfaat yang akan didapatkan oleh para pelajar apabila mengikuti perlombaan dan pelatihan dimaksud.

Komandan Skadron 12/Serbu Letkol CPN Ihwan Okti Riyadi melalui Ketua Pelaksana Mayor CPN Surya Adianto menjelaskan bahwa Perlombaan dan Pelatihan tersebut walaupun berjudul Lomba PMR Tingkat Wira/Regional tetapi dapat pula diikuti oleh sekolah yang belum memiliki unit PMR. Hal tersebut dimaksudnya untuk menjadi pemicu terbentuknya unit PMR di Sekolah tersebut kedepannya. Disamping itu, kegiatan tersebut juga merupakan kegiatan pertama kali di Sumatera, untuk itu walaupun pelaksanaan Tahun 2020 kuota terbatas hanya maksimal 35 Tim akumulasi dari Kabupaten Way Kanan dan OKU Timur, diharapkan antusiasme dari para pelajar dan Sekolah sangat besar.  Sementara untuk teknis penilaian, selain berdasarkan perlombaan dengan materi dan grid nilai dari PMI, Skadron 12/Serbu juga akan melakukan menilai bagaimana kerjasama dan kekompakan Tim dalam menghadapi tiap tantangan yang telah disediakan oleh Panitia.

Diketahui, dengan mengangkat tema "Dengan Semangat Kerelawanan Pemuda, Kita Tingkatkan Rrasa Kepedulian Sosial dan Kesiapsiagaan Generasi Relawan Masas Depan" pada perlombaan PMR Tingkat Wira/Regional se-Kabupaten Way Kanan dan Kabupaten OKU Timur itu akan memperebutkan Piala Tetap Komandan Skadron 12/Serbu serta Piala Tetap pada tiap cabang perlombaan/peragaan. 

 

 

Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Skadron 12/Serbu

Komentar