Pastikan  Keamanan Pangan Dibulan Ramadhan, Dinas  Ketahanan  Pangan  Sidak Pasar  

Diposting Oleh : Super Administrator | Tanggal Posting :24 Mei 2019 | Sudah Dilihat : 165 Kali Dilihat

Guna menjamin keamanan pangan masyarakat dalam mengkonsumsi  makanan  pangan  segar maupun  olahan, Dinas  Ketahanan  Pangan  Kabupaten  Way  Kanan dan  Asisten II Pemerintah Kabupaten Way Kanan melakukan sidak ke beberapa pasar, yaitu pasar Blambangan  Umpu, Pasar  Kasui,  Pasar  Banjit, dan   Pasar  Baradatu.   dalam  rangka  pengawasan keamanan pangan segar dan olahan.

Dari hasil sidak pasar tersebut di ambil sampel pangan untuk dilakukan  tes uji keamanan pangan  segar  dan  olahan   yan g  ada  diperedaran atau  pasar di empat kecamatan itu.

“Tes ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang berbahaya dalam pangan segar  ataupun  pangan  olahan. Hal  itu  dilakukan  guna  menjamin  keamanan  pangan  masyarakat  dalam mengkonsumsi makanan segar maupun olahan,” jelas Kepala  Dinas  Ketahanan  Pangan  Kabupaten  Way  Kanan, Muhammad  Darwis,S.STP Disela- sela Sidak

Adapun  kegiatan  yang   dilakukan itu    mengingat   selama   bulan   suci    Ramadhan hingga Idul Fitri  jumlah konsumsi masyarakat  mengalami  peningkatan, sehingga Pemerintah Kabupaten Way Kanan  melalui Dinas Ketahanan Pangan perlu melakukan pengawasan terhadap  peredaran pangan segar dan  olahan  yang ada dipasar untuk menjamin pangan yang  di konsumsi masyarakat telah bebas dari Bahan Tambahan Pangan (BTP)  berbahaya, seperti formalin,  pestisida,  dan  boraks  dengan cara melakukan  uji cepat (rapid tes kit).

Dalam sidak yang dilaksanakan dari  tanggal 22 Mei sampai dengan 24  Mei  2019 telah  dilakukan pengambilan  sampel pangan segar dan olahan diantaranya, buah anggur, kelengkeng, buah pir, apel merah, apel fuji  (putih), tomat,  cabai,kol,  sawi putih, bakso,tahu putih, tahu kuning ,ikan asin,  ikan segar, ikan asap, mie basah, kecambah, kerupuk jangek.

Dan berdasarkan hasi pengujian terhadap sampel-sampel tersebut diperoleh hasil  adanya indikasi  positif   kandungan formalin pada buah anggur dan indikasi  positif  kandungan boraks pada kerupuk.

Berdasarkan  hasil  pengujian tersebut, maka  Pemerintah  Kabupaten Way  Kanan  melalui   Dinas  Ketahanan   Pangan  menghimbau   kepada   masyarakat   untuk  mengkonsumsi  makanan yang  sehat  dan aman serta menghindari makanan yang mengandung zat berbahaya.

 

 

 

Komentar