Menuju Satu Abad PCNU WK, RAS Apresiasi Pengabdian dan Semangat Perjuangan NU

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :11 September 2019 | Sudah Dilihat : 213 Kali Dilihat

Usai menghadiri Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-53 Kampung Donomulyo Kecamatan Banjit, selanjutnya Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M menghadiri Acara Silaturahmi dan Halaqoh Menuju Satu Abad PCNU Kabupaten Way Kanan Tahun 2019 di Kantor PCNU Way Kanan Kampung Tiuh Balak I Kecamatan Baradatu, Rabu (11/09/2019) yang dihadiri oleh kepala dan unsur Pimpipnan Wilayah NU Provinsi Lampung, Kodim 0427/Wk, Polres Way Kanan, Staf Ahli Bupati, Dinas Komunikasi dan Informatika, Satuan Polisi Pamong Praja, Bagian Humas dan Protokol, Bagian Kesejahteraan Rakyat, Pimpinan Kecamatan Baradatu dan Pengurus PCNU Way Kanan.

 

Saat menyampaikan sambutannya, Bupati Adipati mengatakan bahwa menjelang satu abad usia NU telah banyak memberikan andil besar terhadap kemajuan bangsa. Konsep-konsep nahdliyyah (tawashuth, tasamuh, tawazun, itidal, amar makruf nahi munkar) dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, NU telah banyak membantu bangsa ini dalam membangun kondusifitas Negara dan membangun bangsa Indonesia menuju manusia yang memiliki peradaban. Pemerintah pusat sampai pemerintah daerah tidak sekedar menempatkan NU pada posisi obyek, namun sebagai partner dalam mengisi Pembangunan Indonesia seutuhnya. Besarnya massa Nahdlatul Ulama merupakan asset besar yang harus dikembangkan secara terus menerus dengan cara berkolaborasi dengan Pemerintah.

“Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas segala pengabdian dan semangat perjuangan NU selama ini. NU telah secara konsisten dan berada pada garis depan dalam pengamalan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. NU juga konsisten menegakkan negara kebangsaan yang berketuhanan, bukan negara agama, dan bukan negara sekuler”, ujar Bupati Adipati.

 

Hal tersebut ditunjukkan oleh sikap NU anti kekerasan dan senantiasa menghargai kemajemukan serta mendukung kebijakan pemerintah yang pro rakyat, tetapi tetap memiliki daya kritis untuk meluruskan kebijakan yang dirasakan tidak memberi manfaat bagi rakyat. Harapannya kedepan semangat pengabdian NU untuk kepentingan kemaslahatan umat ini agar terus digelorakan dan konsisten untuk dijalankan. Pemerintah Kabupaten Way Kanan akan selalu membuka ruang komunikasi seluas-luasnya atas masukan dan nasehat dari para kyai NU. 

“Saya mengajak warga Nahdalatul Ulama mari kita bergandengan tangan mensukseskan program-program pembangunan. Kritik dan koreksi saya bila salah dan melenceng, sehingga program pembangunan dapat dilaksanakan secara baik dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Way Kanan”, pungkasnya.

 

 

Penulis : Fitria Wulandari

Editor : Edward Apriadi

Photo : Emir / Humas Pemda

Komentar