Membangun Komitmen dalam Perencanaan dan Evaluasi Program Kesehatan Masyarakat Kabupaten Way Kanan

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :16 Mei 2019 | Sudah Dilihat : 153 Kali Dilihat

Tujuan pembangunan kesehatan adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap orang agar terwujudnya derajat kesehatan masyarakat yang optimal melalui terciptanya masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia yang ditandai oleh penduduknya yang hidup dengan perilaku dan lingkungan yang sehat, memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu, adil, dan merata, serta memiliki derajat kesehatan yang optimal.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan, Anang Risgiyanto, S.KM, M.Kes, saat menyampaikan arahannya pada kegiatan Perencanaan dan Evaluasi Program Kesehatan Masyarakat di Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan, Selasa (15/05/2019).

Sejalan dengan kebijakan yang telah ditetapkan bahwa Pemerintah secara berjenjang sesuai dengan kewenangannya, berkewajiban untuk memberdayakan dan mendorong peran serta masyarakat dalam upaya kesehatan agar masyarakat hidup sehat. Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan dan pelayanan kesehatan masyarakat, bertanggung jawab pada wilayah kerjanya terutama dalam kegiatan luar gedung sehingga masyarakat dapat menjangkau pelayanan secara merata dan berkesinambungan, imbuh Anang.

Selanjutnya Anang juga menerangkan bahwa tantangan yang dihadapi dalam upaya pembangunan kesehatan saat ini, antara lain meningkatkan upaya promotif dan preventif, meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan anak, serta perbaikan gizi. Selain itu juga, dalam hal pengendalian penyakit menular maupun tidak menular dan penyehatan lingkungan, pengawasan obat dan makanan, serta akses dan mutu pelayanan kesehatan. Oleh sebab itu, maka sangat diperlukan dukungan dan upaya dari seluruh elemen, baik yang ada di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten dan kecamatan untuk bersama-sama menyelesaikan permasalahan tersebut melalui upaya pelaksanaan koordinasi dan sinkronisasi program kesehatan antara pusat dengan daerah.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka dilaksanakan kegiatan Pertemuan Perencanaan dan Evaluasi Program Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan, khususnya bagi Kepala UPT Puskesmas, Pengelola Program Promosi Kesehatan, Program Kesehatan Lingkungan, Program Lanjut Usia, dan Bidan Koordinator se-Kab. Way Kanan untuk mensinkronisasikan dan mensinergikan perencanaan aksi kegiatan di lingkup program kesehatan masyarakat sehingga dapat mengakomodir kegiatan prioritas dan unggulan program kesehatan masyarakat agar dapat mencapai target pembangunan kesehatan nasional yang lebih baik.

Komentar