Kontingen Pramuka Way Kanan Ikuti Jambore Celebration Di Thailand

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :11 Juni 2019 | Sudah Dilihat : 439 Kali Dilihat

Gerakan Pramuka yang kini tentu tidak sama suasana dan kondisinya ketika dilahirkan. Perlu rebranding Pramuka baru yang diminati kaum muda. Pramuka hendaknya dapat mengikuti perkembangan zaman dan tidak terkesan kuno dalam era komunikasi digital dewasa ini. Pramuka harus dapat menangkap fenomena ini dalam era kebebasan berkomunikasi. Sebagian besar adik-adik kita merupakan generasi cyber yang online setiap saat yang selalu update statusnya dan mengungkapkan kondisi secara realtime dalam media sosial. Pramuka Baru harus keren, gembira, asyik, dan menyenangkan.

Hal tersebut dikatakan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Way Kanan DR. Drs. H. Edward Antony, M.M saat melepas Kontingen Indonesia-Way Kanan pada The Scout Jambore Celebration For The Coronation Of King Rama X Thailand 2019 di Rumah Dinas Wakil Bupati setempat, Selasa (11/06/2019) yang dihadiri oleh Anggota Mabicab, Andalan Cabang Way Kanan, Ketua dan Pengurus Kwarran, Ketua Mabigus serta peserta Jambore Thailand 2019.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Kwarcab Edward Antony juga mengatakan melalui kegiatan The Scout Jamboree Celebration For The Coronation Of King Rama X, Thailand 2019 peserta diharapkan mampu membawa nama baik Kepramukaan Way Kanan dan memperlajari serta menularkan ilmu yang didapat setelah kegiatan tersebut. Karena Pendidikan Kepramukaan yang mendasarkan pada Satya dan Darma Pramuka harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan Pramuka sebaggai pedoman bersikap dan berprilaku.

“Gerakan Pramuka juga sebagai wadah pendidikan karakter kaum muda dan calon pemimpin masa depan Bangsa Indonesia yang tentunya harus lebih berperan aktif dalam mendidik generasi milineal dewasa ini. Dan perlu Saya sampaikan pula bahwasanya ini merupakan tahun ke-3 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Way Kanan mengirimkan kontingen ke luar Negeri pada kencah yang bertaraf Internasional yang mana sebelumnya kita mengirimkan ke Malaysia dan Filipina, Insayaallah Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Way Kanan akan terus konsisten mengirimkan putra-putri terbaik pada kegiatan yang bertaraf internasional”, ujar Kakwarcab Way Kanan Edward Antony.

Keberangkatan ini bukan hanya sekedar bergembira, masih lanjutnya, tetapi ada misi yang dibawa bagaimana adik-adik mampu menjadi duta Indonesia, khususnya Kabupaten Way Kanan, agar adik-adik mampu menceritakan Kabupaten Way Kanan pada peserta lainya, dan yang lebih penting kita ikut berperan dalam mempromosikan Kabupaten Way Kanan. Apa lagi Pemerintah Kabupaten Way Kanan saat ini sedang gencarnya mempromosikan pariwisata dan kopi sebagai komoditas unggulan, untuk itu ceritakanlah dan ajak untuk berkunjung ke Kabupaten Way Kanan.

“Selain itu ada hal yang menjadi kebanggaan yaitu Kontingen Kabupaten Way Kanan dipercaya untuk mewakili Indonesia pada pertunjukan Seni Budaya yang akan menampilkan Tari Singer Pengunten dan beberapa kesenian tradisional Kabupaten Way Kanan lainnya. Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi Kabupaten Way Kanan juga Provinsi Lampung”, lanjutnya.

Diketahui, Kabupaten Way Kanan mengirimkan 4 orang Penegak Pramuka sebagai Kontingen yaitu Dela Yutiva dari SMP Negeri 1 Pakuan Ratu, Alya Nazia Hafidh Zalma dari SMA Negeri 1 Baradatu, Fahrul Bayu dari SMP Negeri 2 Gunung Labuhan dan M. Marsito dari SMA Negeri 1 Buay Bahuga yang akan diberangkatkan bersama 30 kontingen dari Kabupaten lain se-Provinsi Lampung pada tanggal 13 Juni 2019 mendatang oleh Ketua Kwarda Provinsi Lampung yang kemudian akan dilepas oleh Ketua Kwarnas Indonesia Budi Waseso di Provinsi Batam untuk mengikuti The Scout Jambore Celebration For The Coronation Of King Rama X mulai tanggal 17 Juni sampai dengan 20 Juni 2019 di Thailand.

 

Penulis : Fitria Wulandari

Editor : Edwar Apriadi

Photo : Dicy / Humas Pemda

Komentar