Kakan Kesbangpol Way Kanan Buka sosialisasi peningkatan partisipasi masyarakat dibidang politik

Diposting Oleh : Super Administrator | Tanggal Posting :14 Maret 2019 | Sudah Dilihat : 225 Kali Dilihat

Bertempat di aula Kecamatan Gunung Labuhan, Kamis (14/03/2019), Kepala kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Way Kanan Drs. Marson,M.M  membuka secara langsung pelaksanaan kegiatan sosialisasi peningkatan partisipasi masyarakat dibidang politik.

Pada kesempatan itu Dalam sambutannya Marson mengatakan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan itu untuk memberikan pengertian kepada pemilih muda, agar dapat menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu mendatang. Mengingat sebagai pemilih muda, tentunya akan lebih proaktif untuk menggunakan hak pilihnya demi kemajuan bangsa dan negara.

“Karena setiap warga negara memiliki hak yang sama dalam pengambilan keputusan, sebagai generasi muda atau milinial adalah generasi yang jumlahnya paling besar, yang merupakan penentu kelangsungan bangsa Indonesia kedepannya. Sebagai generasi milenial yang ikut mencoblos, berarti ikut menetukan kemajauan daerah tempat tinggalnya,” Jelas Pria yang pernah menjabat sebagai sekretaris KPUD Way Kanan itu

“Anak muda miliki hidup yang paling panjang, maka dari itu hasil pemilu, anak mudalah yang akan merasakan konsekuensinya dimasa yang akan datang. Karena kemajuan dan perkembangan kota atau daerah kabupaten tergantung dari pemimpin yang akan datang. Maka pilihlah pemimpin yang pintar, handal dan membela kepentingan rakyat untuk kemajuan daerah,”tegas Marson.

Ditempat yang sama  Komisioner KPUD Way Kanan Doan Endedi, S.H dalam materinya mengatakan, satuan perlindungan masyatakat (linmas), linmas memiliki peran yang sangat penting, selain membantu menjaga keamanan, ketentraman, dan ketertiban, masyarakat khususnya dalam pemilihan umum. Peran linmas juga sangat vital, yaitu turut serta menjaga kondusifitas pelaksanaan Pemungutan suara di tempat- TPS.

“Tujuannya untuk memberikan rasa aman, nyaman kepada setiap pemilih, anggota Linmas akan membantu mengamankan dan mengontrol keamanan juga ketertiban ditingkat TPS, seorang Linmas akan dituntut untuk paham dan tahu tatacara dalam pelaksanaan pemungutan suara,”Ujarnya  

Sementara itu Sukindra S.H., M.H,  dari Bawaslu Way Kanan, menyampaikan  sebagai badan pengawas Pemilu lembanganya akan menjalankan upaya pencegahan dan penindakan terhadap Pelanggaran Pemilu dan sengketa proses Pemilu. Selain itu juga mencegah terjadinya politik uang, mengawasi netralisasi semua pihak yang dilarang dalam kegiatan kampanye. Mengawasi pelaksanaan putusan, mengelola, memelihara, dan merawat arsip. Mengawasi pelaksanaan sosialisasi penyelenggaraan Pemilu, serta mengevaluasi pengawasan pemilu.

“kami akan melaksanakan tugas sebagai pengawas yang sesuai dengan aturan yang ada, sehingga diharapkan dalam pelaksanaan kampanye dan Pemilu tidak melanggar aturan yang telah digariskan dalam peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, sehingga Pemilu akan berjalan dengan Luber, jujur dan adil,”tegas Sukindra.    

Kegiatan yang bertema mari kita wujudkan masyarakat yang cerdas berdemokrasi, menuju Way Kanan Maju dan Berdaya Saing 2021, diikuti oleh pemilih muda, yang merupakan utusan kampung dan kelurahan dari Kecamatan Gunung Labuhan dan Kecamatan Baradatu, bertujuan untuk memberikan pengertian pentingnya menggunakan hak pilihnya, meningkatkan partisipasi bagi pemilih muda, dalam mensukseskan Pemilu serentak 17 April mendatang.

 

  

 

 

Komentar