Kadis Kominfo Buka Pelatihan Jurnalistik Dan Fhotografer Ponpes Raudlatul Muta’alimin  

Diposting Oleh : Super Administrator | Tanggal Posting :03 Februari 2019 | Sudah Dilihat : 345 Kali Dilihat

Bertempat di Pondok Pesantren Raudlatul Muta’alimin Kasui Minggu (03/02/2019) , Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Way Kanan, H. Bakhril, S.H., M,M. membuka Pelatihan Jurnalis dan Fhotografer.

Acara yang menghadirkan nara Sumber adian syahputra,SE  dari redaksi  jejamo.com itu diikuti oleh 40 peserta santri dan santriwati Pondok Pesantren Raudlatul Muta’alimin.

Menyampaikan sambutannya, Bakhril mengatakan seorang Jurnalis dibebankan tanggung jawab  yang cukup besar yakni  Memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui dan mendapatkan informasi. Menegakkan nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum dan hak asasi manusia, serta menghormati kebhinekaan. Mengembangkan pendapat umum berdasar informasi yang tepat, akurat, dan benar.

Ia melanjutkan  seorang Jurnalis juga   harus mampu melakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum dan emperjuangkan keadilan dan kebenaran.

Menyinggung tentang peran aktif masyarakat dalam mengelola informasi dan berita, Bakhril menjelaskan  saat ini telah ada Citizen Journalism atau jurnalisme Warga yang merupakan Kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan oleh  Masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian Informasi dan berita 

“Dalam jurnalisme warga, warga tidak hanya menjadi konsumen media tapi juga bisa terlibat dalam proses pengelolaan informasi itu sendiri mulai membuat, mengawasi, mengoreksi, menanggapi, atau sekadar memilih informasi yang ingin dibaca,” Ujarnya.

Bakhril juga menerangkan partisipasi aktif masyarakat dalam penyampaian informasi dan Berita juga telah diperkuat dengan adanya  kewajiban setiap Kabupaten membentuk Kelompok Informasi masyarakat yang diamanatkan oleh pemerintah melalui kementerian komunikasi dan Informatika

“Kelompok Informasi Masyarakat juga sangat penting untuk mewujudkan masyarakat kita  yang inovatif khususnya melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi dalam rangka mencapai masyarakat informasi yang sejahtera, selain itu peran KIM juga sangan penting  dalam memperlancar arus informasi antar pemerintah dengan masyarakat dan antar golongan dengan mendayagunakan informasi kita berharap kedepannya akan juga meningkatkan nilai tambah masyarakat,” Lanjutnya

“Hari ini akan diadakan pelatihan Jurnalistik dan Fhtografer, ini merupan momen yang cukup strategis untuk para peserta dalam mengetahui lebih jauh tentang Jurnalisme Dan Fhotografer, kita berharap  pelatihan ini dapat melahirkan Jurnalis-jurnalis dan Fhotografer Handal di Bumi Ramik Ragom yang Kita cintai ini,” Tutupnya Pada acara yang juga Kasi Pemerintahan Kecamata Kasui itu.

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar