Disporapar bersama Diskop UKM  Siap Bentuk Pusat Kewirausahaan di Kampus  

Diposting Oleh : Super Administrator | Tanggal Posting :29 Januari 2019 | Sudah Dilihat : 480 Kali Dilihat

Saat ini Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya pemula menghadapi tantangan yang berat ditengah pasar bebas dunia, sehingganya perlu peningkatkan kapasitas kewirausahaan generasi muda. Perlu sinergi antara kalangan Academisi, Business, dan Government (ABG) dengan masing masing perannya.

Hal tersebut diungkapkan oleh ketua STIT Al Hikmah H. Aly Murtadhlo, M.Pd.I dalam acara workshop wirausaha dikampus setempat pada Selasa, (29/1)

“Akademisi yang dalam ini adalah perguruan tinggi - selaku center of knowledge,  dapat menjadi agen pelaksana terkait kegiatan pelatihan, inkubasi bisnis, maupun  pendampingan usaha, khususnya untuk pelaku usaha pemula  atau pelaku usaha yang ingin bermigrasi ke skala usaha yang lebih tinggi” Ujar alumni pondok pesantren Tebu Ireng Jombang tersebut.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh mahasiswa kampus STIT Al Hikmah tersebut menghadirkan narasumber dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Way Kanan serta PT Indosat Ooredoo

Ditempat yang sama Kepala Bidang Koperasi  Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Way Kanan Dedi Iskandar, SH mengatakan bahwa Perguruan tinggi dapat menjadi agen advokasi atau sosialiasi semangat kewirausahaan, juga menjadi agen diseminasi hasil studi kasus atau kajian-kajian yang berkaitan dengan kewirausahaan, sehingga wawasan kewirausahaan dapat semakin tersebar luas ke berbagai elemen masyarakat

Kedepan Lanjutnya  pemerintah daerah siap mendukung pengembangan wirausaha pemula, seperti menjadi Fasilitator pelatihan, workshop, atau seminar kewirausahaan yang lebih dalam dari sekedar pelatihan atau seminar motivasi semata.

Sementara itu usai memberkan materi dalam workshop  itu Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Pemerintah daerah kabupaten Way Kanan, drh. M.Yazid mengungkapkan  Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata bersama Dinas Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah (UKM) Way Kanan siap membentuk pusat kewirausahaan (center of entrepreneurship) di kampus-kampus perguruan tinggi yang ada di Way Kanan

"Pembentukan pusat kewirausahaan di kampus-kampus ini merupakan strategi jangka pendek untuk mencetak wirausaha baru di bumi ramik ragom," ujar yazid

Menurutnya pembentukan pusat kewirausahaan menjadi strategi jangka pendek yang diharapkan efektif melahirkan wirausaha baru dari kalangan sarjana. "Kita harus mulai mengubah paradigma job seeker menjadi job maker sehingga akan terbuka lebih banyak peluang kerja baru," katanya.

Pada kesempatan itu Yazid juga mengajak mahasiswa yang hadir untuk terus mempromosikan objek objek wisata Way Kanan yang ada, karena dari bisnis pariwisata ini akan sangat menjanjikan dan banyak manfaatnya, karena bisnis ini sangat menyenenagkan, sudah dapat duit bisa juga sekalian jalan jalan, caranya yakni dengan jualan paket wisata.

Menurutnya, hal itu sejalan dengan roadmap pengembangan wirausaha melalui pilot project Homestay dan Tourist Guide. Karena, untuk memenuhi permintaan wisatawan asing dan domestik.

 

 

 

Komentar