Bupati Adipati Resmikan dan Lantik Pj Kakam Persiapan Kalipapan Rejo

Diposting Oleh : Admin Kabupaten | Tanggal Posting :14 Maret 2019 | Sudah Dilihat : 231 Kali Dilihat

Dengan adanya usulan proposal masyarakat untuk memekarkan Kampung Kalipapan menjadi 2 (dua) Kampung yaitu Kampung Kalipapan (Induk) dan Kampung Kalipapan Rejo, maka Pemerintah Kabupaten Way Kanan  melalui Tim Penataan Daerah Kabupaten Way Kanan memproses usulan tersebut. Dimana hasil kajian dan verifikasi  Kampung Kali Papan layak untuk dimekarkan karena telah memenuhi persyaratan sesuai Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Hal tersebut disampaikan Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M saat melantik Edison, S.E sebagai Penjabat Kepala Kampung Kalipapan Rejo Kecamatan Negeri Agung di Kampung Kalipapan Rejo Kecamatan Negeri Agung Kabupaten setempat, Kamis (14/03/2019).

“Pejabat Kepala Kampung dan masyarakat kampung persiapan Kalipapan Rejo harus berusaha semaksimal mungkin melaksanakan roda pemerintahan, dan sepenuhnya mendapat dukungan dari masyarakat. Tunjukan pemekarkan kampung baru ini benar-benar berasal dari masyarakat dengan cara mendukung percepatan pembangunan”, ujar Bupati Raden Adipati yang juga meresmikan Kampung Persiapan Kalipapan Rejo.

Selanjutnya, Bupati yang sebelumnya menghadiri acara Pencanangan Zona Integritas di Lingkungan Pengadilan Agama Kabupaten Way Kanan itu juga mengatakan bahwa Pembentukan Kampung Persiapan Kalipapan Rejo Kecamatan Negeri Agung berdasarkan telah terbitnya Peraturan Bupati Way Kanan Nomor 47 Tahun 2018 serta terbitnya Kode Register Kampung Persiapan oleh Gubernur Lampung serta sesuai dengan Pasal 23 Ayat (1) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2017 tentang Penataan Desa.

“Dengan telah terbentuk dan dilantiknya Penjabat Kakam Persiapan Kalipapan Rejo, Saya meminta agar saudara Pj Kakam segera melakukan penyesuaian, pendekatan dan langkah-langkah yang sifatnya inovatif dan kreatif dalam mengemban tugas dan amanah seperti penetapan batas wilayah desa sesuai dengan kaidah kartografis, pengelolaan anggaran operasional kampung persiapan, pembentukan struktur organisasi, pengangkatan perangkat kampung, penyiapan fasilitas dasar bagi penduduk kampung, pembangunan sarana dan prasarana pemerintah kampung, pendataan bidang kependudukan, potensi ekonomi, inventarisasi pertanahan serta pengembangan sarana ekonomi, pendidikan dan kesehatan serta pembukaan akses perhubungan antar kampung”, tegas Bupati muda atah tiga anak itu.

Pada acara yang juga dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, serta sejumlah Pejabat dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan dan Camat Negeri Agung itu juga disampaikan bahwa dalam melaksanakan tugas agar selalu berkoordinasi dan menjaga harmonisasi dengan kampung Kalipapan sebagai kampung induk serta melibatkan stakeholder dan seluruh elemen masyarakat dalam rangka pembenahan-pembenahan Kampung Persiapan Kalipapan Rejo menjadi kampung defeniti dalam jangka waktu 1 sampai 3 Tahun mendatang.

 

Penulis : Fitria Wulandari

Editor : Edwar Apriadi

Photo : Humas Pemda

Komentar