Buka Lomba mewarnai TK dan PAUD, Bupati Adipati dongengkan Cerita Macan dan Tupai

Diposting Oleh : Super Administrator | Tanggal Posting :16 April 2019 | Sudah Dilihat : 285 Kali Dilihat

Dihadapan Ratusan anak didik TK  dan PAUD Sekabupaten Way Kanan, Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M membacakan dongeng dengan cerita  Macan dan Tupai, Selasa (16/04/2019).

Moment tersebut dilakukan Bupati kelahiran  Kampung Bumi Ratu itu pada pembukaan Lomba Mewarnai Gambar Tingkat PAUD/TK, Pidato Berbahasa Lampung tingkat SMP dan story telling tingkat SD se-Kabupaten Way Kanan dalam rangka HUT ke-20 Kabupaten  Way Kanan tahun 2019

Sebelumnya Pada kegiatan yang berlangsung di Gedung serba Guna Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan tersebut, Raden Adipati Surya dalam sambutan tertulisnya mengungkapkan Dewasa ini bahasa Lampung dan story telling atau bercerita tentang legenda terasa semakin terpinggirkan.

 

Terkait dengan perkembangan Budaya Lampung di Kabupaten Way Kanan, Bupati yang akrab juga dikenal dengan Adipati itu juga menegaskan  pemerintah Daerah sangat mendukung  upaya pelestarian budaya yang salah satunya adalah mewajibkan penggunaan Bahasa Lampung bagi Pegawai Negeri Sipil dan ini sudah dituangkan dalam surat edaran Bupati Way Kanan Nomor: 060/59/1-II/WK/2017 tanggal 25 April 2017 tentang Ketentuan Pengunaan Bahasa Lampung Way Kanan setiap Hari Rabu sebagai bentuk pelestarian Bahasa Daerah.

“Melalui rangkaian kegiatan HUT Kabupaten Way Kanan ke-20 yang salah satunya adalah Lomba Pidato Bahasa Lampung, maka diharapkan melalui kegiatan ini akan tumbuh generasi muda yang memahami adat istiadat khususnya adat dan budaya Lampung Way Kanan sehingga adat istiadat kita tetap lestari,”Ujarnya

 

Selanjutnya ditempat yang sama Kepala dinas Perpustakaan Dan Kearsipan, Drs. H. Juanda, M.M  Dalam laporannya mengatakan Tema dari kegiatan itu yakni “Memasyarakatkan Minat dan kebiasaan Membaca untuk Mendorong Terwujudnya masyarakat yang Cerdas, Maju dan Berdaya Saing 2021”

Juanda juga menerangkan Kegiatan yang diikuti oleh 400 orang  anak TK Dan PAUD itu bertujuan untuk Menggali kreatifitas dan meningkatkan minat baca sejak usia dini.

Tampak Hadir pada acara itu Ketua Tim Penggerak PKK, Hj. Dessy Afriyanti Adipati, Ketua HImpaudi, Hj. Thurismawati Edward Antony dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Vorian Melita Saipul.

 

Komentar